[rank_math_breadcrumb]

Wisata Sejarah Benteng Somba Opu, Sulawesi Selatan

| |

Kota Makassar, memang di kenal dengan tempat wisata Ujung Pandang, hampir semua orang tahu tempat wisata tersebut. Namun, ada salah satu tempat wisata di Sulawesi Selatan ini yang tidak boleh terlewatkan yaitu wisata sejarah yang tidak kalah mengagumkan. Dimana, ada bangunan tua yang menjadi saksi bisu sejarah perjuangan rakyat Kerajaan Gowa pada saat itu melawan penjajah Belanda. Tempat wisata tersebut adalah Benteng Somba Opu, Sulawesi Selatan.

Tempat wisata tersebut di kenal dengan komplek wisata sejarah yang menjadi pusat kebudayaan suku-suku di Sulawesi Selatan. Benteng Somba Opu, bisa menjadi alternatif liburan anda bersama keluarga untuk mengenal lebih sejarah Kerajaan Gowa. Tentunya, tempat wisata ini sangat bermanfaat sekali untuk mengenali sejarah jaman dahulu, apalagi untuk anak-anak sangat bagus sekali. Agar, mereka tahu perjuangan nenek moyangnya dahulu dalam melawan penjajah Belanda.

Fasilitas Yang Bisa Di Nikmati  Benteng Somba Opu, Sulawesi Selatan

Benteng Somba Opu merupakan salah satu benteng milik kerajaan Gowa yang pernah menyelamatkan rakyat Gowa dalam pertempuran pasukan Spellman tahun 1669. Bahkan, Sejarawan dan Budayawan, Wallace mengatakan bahwa salah satu benteng yang sulit di runtuhkan di Nusantara adalah Benteng Somba Opu. Tidak seperti benteng pada umumnya, Benteng Somba Opu ini terlihat seperti pusat pemerintahan dan perdagangan pada jaman tersebut.

Selama anda berkunjung ke sana, akan di suguhkan dengan bangunan-bangunan kuno jaman dahulu. Bisa juga anda berfoto-foto ria di sana. Asalkan, tidak merusak saja. Selain, bisa melihat bangunan jaman dahulu, pengetahuan anda pun semakin bertambah ketika berkunjung ke tempat wisata ini. Inilah beberapa fasilitas yang bisa di nikmati di Benteng Somba Opu sebagai berikut :

  • Wisata belajar

Pada saat berkunjung ke Benteng Somba Opu, anda akan di suguhkan dengan sejumlah papan yang menampilkan berbagai macam informasi singkat mengenai Benteng Somba Opu seperti sejarah dan masih banyak lagi. Sehingga, pada saat anda berkunjung ke tempat ini, akan menambah pengetahuan sejarah. Di papan tersebut, tidak hanya bertuliskan bahasa Indonesia saja, namun ada bahasa Inggrisnya untuk memudahkan wisatawan asing pada saat berkunjung ke tempat tersebut.

  • Rumah adat

Di kawasan tempat wisata Benteng Somba Opu ini, ada rumah-rumah ada dari berbagai macam etnis di Sulawesi Selatan. Tempat wisata ini pun di jadikan sebagai Taman Miniatur Sulawesi Selatan. Terdapat 24 rumah adat dari semua suku di Sulawesi Selatan. Bahkan, rumah adat ini bisa di sewa oleh pengunjung yang ingin mencoba bermalam di rumah tersebut.

  • Terdapat area outbound

Tidak jauh dari gerbang masuk, ada lapangan yang cukup luas. Lapangan tersebut, bisa digunakan untuk kegiatan outbound.

  • Spot foto

Ketika berkunjung ke tempat wisata, kurang rasanya jika tidak foto-foto. Di tempat wisata Benteng Somba Opu ini banyak spot foto yang keren. Misalnya, anda dapat berfoto di depan rumah-rumah adat, atau di bangunan-bangunan tua Benteng Somba Opu.

Berkunjung Ke Benteng Somba Opu Bisa Menambah Pengetahuan

Pada saat berkunjung ke Benteng Somba Opu, Sulawesi Selatan. Tidak hanya keindahan dari tempat wisata tersebut yang bisa anda dapatkan. Namun, anda juga bisa mendapatkan pengetahuan mengenai sejarah dari Benteng Somba Opu. Semakin, anda mengetahui cerita-cerita sejarah jaman dahulu, anda pun akan semakin mencintai dan menghormati para pahlawan terdahulu yang rela berkorban untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Bagikan:
Previous

Tempat Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi Ketika Berkunjung ke Pulau Wakatobi

Pulau Samalona, Sulawesi Selatan Pulau Paling Eksotis Dan Mengagumkan

Next

Leave a Comment