Bergembira Menikmati Suasana Taman Pattimura

| |

Merasa mempunyai jiwa nasionalisme yang tinggi dan sedang berada di Maluku? Yuk mampir dulu ke Taman Pattimura yang merupakan persembahan atas jasa-jasanya dalam membasmi penjajah. Jika ingin tahu informasi lebih lengkapnya baca artikel ini dari awal hingga selesai ya!

Informasi Lengkap Mengenai Taman Pattimura

Pattimura atau Thomas Matulessy adalah salah satu Pahlawan Nasional Indonesia yang berasal dari Maluku dan terkenal karena berbagai perjuangannya untuk melawan para penjajah. Bahkan Pattimura saat menginjak umur ke 4 tahun ditangkap oleh bangsa penjajah dan kemudian dihukum mati di tiang gantungan.

Perjuangannya ini bukanlah perkara yang mudah sehingga untuk mengenang jasa-jasanya dibangunlah taman yang telah diresmikan pada tanggal 7 September 2019 di Maluku. Berikut ini adalah informasi lengkapnya, yaitu:

Lokasi

Lokasi tempat wisata ini ada di Desa Uritetu, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Maluku.

Daya Tarik

Taman yang satu ini telah diresmikan oleh Walikota Ambon yaitu Richard Louhenapessy pada tanggal 7 September 2019 yaitu tepat dengan hari ulang tahun Kota Ambon yang ke 444. Keunikan dari taman ini adalah adanya miniatur gitar dan speaker yang akan terus memutarkan lagu-lagu kebangsaan Maluku. Uniknya lagi, adapun air mancur warna-warni yang akan muncul mengikuti tinggi rendahnya lagu yang sedang diputar.

Taman ini sangatlah cocok untuk dikunjungi bersama keluarga karena selain bisa melihat pemandangan air mancur, pengunjung juga bisa mengajak anak-anaknya untuk bermain di playground dan menikmati suasana ruang terbuka hijau. Ada pula jogging track yang akan sangat cocok digunakan untuk berolahraga atau sekadar berjalan-jalan.

Untuk jam operasionalnya, taman ini dibuka selama 24 jam nonstop dan pengunjungnya pun tidak perlu membayar tiket masuk alis gratis sehingga bisa berkunjung kapan saja yang Anda mau tanpa adanya batasan waktu.

Rute

Lokasi taman yang satu ini tidaklah jauh dari pusat Kota Ambon. Hanya memerlukan waktu kurang lebih sekitar 20 menit saja jika menggunakan kendaraan pribadi dan melewati Jalan Jenderal Sudirman atau jarak lebih tepatnya adalah 10,9 km.

Objek Wisata Terdekat

Di dekat taman terdapat beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi, antara lain:

Benteng Victoria

Benteng Victoria adalah benteng peninggalan bangsa Portugis dan dibangun pada tahun 1775. Jarak taman dengan Benteng Victoria adalah hanya 700 m saja jika menggunakan kendaraan pribadi dan 210 m saja jika ditempuh dengan jalan kaki lewat Jalan Slamet Riyadi.

Monumen Perdamaian Dunia

Monumen Perdamaian Dunia adalah monumen yang dibangun sebagai simbol perdamaian dan telah diresmikan pada tanggal 25 November 2009 oleh Presiden Indonesia ke 6 yaitu Susilo Bambang Yudhoyono.

Jarak taman dengan Monumen Perdamaian Dunia adalah hanya 1,8 km saja jika menggunakan kendaraan pribadi dan 350 m saja jika ditempuh dengan jalan kaki lewat Jalan Slamet Riyadi.

Tugu Trikora

Tugu Trikora adalah sebuah tugu atau monument yang dibuat sebagai peringatan aksi Trikora atau Tiga Komando Rakyat.

Jarak taman dengan Tugu Trikora adalah hanya 900 m saja jika menggunakan kendaraan pribadi dan 850 m jika ditempuh dengan berjalan kaki lewat Jalan Philip Latumahina.

Demikian ulasan mengenai Taman Pattimura yang bisa kami sampaikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menjadi referensi terbaik untuk Anda yang sedang atau berencana liburan ke Maluku tapi bingung mau ke mana. Terima kasih sudah membaca artikel ini dari awal hingga akhir dan sampai bertemu lagi di artikel menarik selanjutnya!

Bagikan:
Previous

Danau Cantik yang Menarik Perhatian, Danau Sentani

Menikmati Indahnya Pemandangan di Pulau Pombo, Maluku

Next

Leave a Comment