[rank_math_breadcrumb]

Menikmati Indahnya Pemandangan di Pulau Pombo, Maluku

| |

Jika ingin menikmati pemandangan super segar Pulau Pombo adalah jawabannya. Pulau ini ada di Maluku yang merupakan daerah yang terkenal dengan pulau-pulau eksotis. Jadi jika ke Maluku Anda tidak hanya bisa menikmati satu pemandangan bahari saja tetapi ada banyak lagi tempat wisata alam eksotis yang lain. Yuk simak artikel di bawah ini sebagai referensi jika sedang atau berencana berlibur ke Maluku!

Informasi Lengkap Mengenai Pulau Pombo di Maluku

Maluku memang dikenal sebagai salah satu daerah di Indonesia bagian timur yang mempunyai banyak sekali tempat wisata alam super mempesona. Maluku ini juga dikenal sebagai Provinsi Seribu Pulau. Berikut ini adalah informasi lengkap mengenai salah satu pulau mempesona yang ada di Maluku yaitu:

Lokasi

Lokasi tempat wisata ini secara administratif ada di Kecamatan Salahhutu, Kabupaten Maluku Tengah dan secara geografis lokasinya ada di antara Pulau Ambon dan Pulau Haruku.

Rute

Dari Kota Ambon menuju lokasi wisata ini Anda akan menempuh perjalanan selama 20 menit. Untuk menuju ke lokasi Anda bisa menyewa speedboat dengan harga kurang lebih sekitar Rp 500.000. Selama di perjalanan menuju pulau, Anda akan disuguhkan pemandangan hamparan pasir putih dan gradasi hijau kebiruan dari air laut.

Daya Tarik

Menurut penduduk sekitar kata “pombo” berasal dari bahasa Portugis yang mempunyai arti “merpati”. Maka dari itu pulau ini juga dikenal sebagai Pulau Merpati. Di wilayah daratannya tidak ada satupun perumahan penduduk jadi dengan kata lain pulau ini merupakan pulau tidak berpenghuni. Tidak dihuni oleh manusia tetapi dihuni oleh beberapa hewan endemik Maluku salah satunya adalah burung pombo.

Kawasan laut di wilayah ini berupa atol dan gugusan batu karang kecil maupun besar. Air lautnya sangatlah jernih sehingga sangat memungkinkan para pengunjung bisa melihat pemandangan dasar laut tanpa harus menyelam. Saat surut tiba maka bebatuan karang yang biasanya ada di bawah laut akan muncul ke permukaan dan membentuk pemandangan indah.

Pulau dengan luas kurang dari 4 km ini mampu menyuguhkan pemandangan bawah laut yang super mempesona dan menakjubkan sekaligus menjadi cagar alam kecil. Di tempat ini terdapat banyak biota laut indah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung lokal maupun asing.

Beberapa biota lautnya adalah berbagai rumput laut, terumbu karang, kerang, dan berbagai jenis ikan. Beberapa ikan yang bisa ditemui adalah ikan puri, momar, komu, lema, lola, bia kambing, japing-japing, bia gengge, bia jalang, dan masih banyak lagi.

Jika ingin menikmati keindahan biota lautnya maka Anda bisa membawa peralatan diving atau snorkeling karena di tempat ini masih belum ada tempat sewa peralatan. Jika ingin menikmati waktu untuk menikmati pesona pulau yang lebih lama lagi maka sertakan pula peralatan kemah dan berkemahlah dengan hati-hati. Gunakanlah alas kaki karena ada banyak batu yang cukup tajam apabila Anda tidak ingin terluka.

Manfaatkanlah momen indah tersebut dan jangan sampai buang sampah sembarangan! Jadilah wisatawan cerdas yang tidak merusak alam!

Itu dia ulasan mengenai Pulau Pombo yang bisa kami sampaikan. Semoga bisa membantu dan bermanfaat sebagai referensi untuk Anda semua yang sedang akan ingin ke Maluku tetapi masih bingung akan berkunjung ke lokasi wisata yang mana. Terima kasih sudah membaca artikel ini dari awal hingga akhir dan sampai jumpa lagi di lain kesempatan! Selamat berlibur!

Bagikan:
Previous

Bergembira Menikmati Suasana Taman Pattimura

Terpana Dengan Pesona Museum Sampoerna, Surabaya

Next

Leave a Comment