Pulau Meko, Surga Tersembunyi dari Timur

| |

Mengulas pesona keindahan alam di Indonesia memang tak akan ada habisnya. Dari Barat hingga Timur dan dari Utara hingga Selatan masing – masing memiliki pesona keindahan. Daerah Timur juga tak kalah indah, banyak sekali wisata bertemakan alam yang dapat kalian kunjungi untuk berlibur. Salah satunya adalah daerah Flores.

Pulau Meko

Pulau Meko merupakan sebuah pulau yang terletak di Nusa Tenggara Timur tepatnya di Dusun Meko, Kecamatan Witihama, Pulau Adonara di Kabupaten Flores Timur. Dusun Meko merupakan dusun yang ditinggali oleh suku Bajo yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan. Hidup mereka berasal dari memanfaatkan laut dengan menangkap ikan.

Suku Bajo biasa menggunakan sampan kecil untuk menangkap ikan dengan menggunakan jaring, sehingga bisa dikatakan bahwa warga di sini masih tradisional dalam bergaya hidup. Orang – orang dan warga setempat biasa menyebutnya sebagai Pasir Timbul Meko. Alasan mengapa diberi nama Pasir Timbul Meko adalah karena terdapat sebuah gundukan pasir yang berada di tengah laut.

Gundukan pasir tersebut terlihat seperti pulau kecil yang tidak berpenghuni. Akan tetapi ketika terjadi pasang laut maka pulau kecil itu akan menghilang karena tenggelam oleh air laut. Untuk hitungan sebuah pulau, pulau kecil ini hanya memiliki luas tidak lebih dari 1 kilometer persegi.

Pesona Keindahan Pasir Timbul Meko

Pemandangan di tempat ini bak lukisan surga yang nyata. Ketika kalian ke sana akan disajikan hamparan pasir putih luas yang memiliki warna campuran sedikit kepink – pinkan sehingga kontras sekali dengan warna laut yang biru kehijauan. Alasan mengapa pasir ini dapat memiliki warna pink adalah karena berasal dari karang yang hancur akibat kekuatan alam.

Cocok bagi kalian yang ingin mencari suasana tenang dan healing, karena ombak pada pantai ini sangat lembut dan mengeluarkan riak – riak kecil. Tak hanya dari sudut pandang lautnya saja, akan tetapi di sudut pantai juga terlihat sangat indah. Di sana terdapat berbagai macam tumbuhan yang tumbuh secara subur dan hijau sehingga dapat menambah suasana teduh.

Terdapat bukit Sandosi dan Lembata di bagian kanan dan kiri Pulau ini. Air laut di sekitaran pulau ini sangatlah jernih. Hal ini dapat dibuktikan dari adanya terumbu karang warna – warni yang dapat dilihat dari permukaan.

Seperti pantai – pantai lainnya, kalian juga dapat menikmati sunset dan sunrise yang sangat indah dan eksotis di sini. Mengenai fasilitas di tempat ini bisa dikatakan sudah lengkap karena sudah tersedia fasilitas pendukung seperti restoran, hotel, bahkan homestay.

Aksesibilitas

Berbicara mengenai akses pulau ini bisa dikatakan sangat sulit dan panjang. Kalian harus melewati darat hingga melintasi lautan untuk bisa sampai ke tempat ini. Diawali dari pelabuhan Pelni Larantuka kalian harus menyebrang ke Pulau Adonara tepatnya di pelabuhan Tubilota.

Waktu tempuh kurang lebih 10 menit dengan menaiki kapal motor dengan harga Rp. 5.000. Setelah itu kalian harus melintasi pulau Adona dengan menyewa mobil agar dapat dengan cepat sampai ke Meko. Karena minim sekali transportasi umum, kalian harus bersabar.

Ada alternatif lainnya yaitu dengan menyewa kendaraan mobil. Membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 2 jam untuk bisa sampai ke Dusun Meko.

Pulau Meko saat ini telah menjadi wisata primadona bagi wisatawan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi referensi berlibur kalian.

Bagikan:
Previous

Menikmati Keindahan Seni Alami di Goa Maharani, Lamongan

BUKIT WAIRINDING DI SAVANA SUMBA YANG MEMPESONA

Next

Leave a Comment