[rank_math_breadcrumb]

Desa Wae Rebo dan Kearifan Alam Di Dalamnya

| |

Bagi kalian yang sedang ingin mencari tempat berlibur bernuansa alam, artikel ini sangat cocok bagi kalian. Artikel ini menyajikan deskripsi mengenai wisata alam yang sangat indah.

Desa Wae Rebo

Desa Wae Rebo merupakan desa yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur tepatnya di Kabupaten Manggarai, Kecamatan Satar Mese Barat, Kampung Satar Lenda. Alasan mengapa desa ini menjadi desa yang sangat istimewa adalah karena desa ini terletak di ketinggian kurang lebih 1.100 m di atas permukaan laut. Jadi, hawa pada desa ini sangatlah dingin.

Harga tiket masuk desa ini adalah GRATIS. Kalian sebagai pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya transportasi menuju tempat tersebut dan biaya penunjuk arah. Akan tetapi perlu dicatat bahwa akses menuju tempat ini sangatlah sulit dikarenakan tempatnya berada di ketinggian.

Kalian sebagai pengunjung harus melakukan trekking selama 2 jam dengan menyusuri jalur alami dan menanjak. Oleh karena itu sangat disarankan untuk menyewa jasa penunjuk arah. Ada kabar gembira untuk kalian juga yaitu jam operasional desa ini seminggu full selama 24 jam penuh.

Fasilitas yang Ditawarkan

Wisata desa ini tidak hanya menyajikan panorama dan suasana asri khas pedesaan di dataran tinggi, akan tetapi juga menyajikan fasilitas yang tentunya dapat membuat liburan atau wisata kalian lebih nyaman dan aman. Di sana terdapat penginapan di rumah penduduk sekitar sehingga bagi kalian para pengunjung tidak usah khawatir untuk mencari tempat bermalam. Selain itu tempat ini juga menyajikan fasilitas umum layaknya tempat wisata lain seperti MCK, taman bermain, warung, kafe, hingga tempat parkir.

Daya Tarik Utama

Ada pun daya tarik utama dari desa ini selain karena tempatnya yang berada di ketinggian kurang lebih 1.100 m di atas permukaan laut. Untuk lebih lanjutnya simaklah hal berikut ini:

  1. Kearifan lokal

Alasan kenapa kalian harus mengunjungi tempat ini adalah dikarenakan kearifan lokal yang masih dijaga apik. Warga desa tersebut saling bekerja sama melestarikan alam dengan menanam buah – buahan dan tanaman perkebunan. Dengan dilestarikannya kearifan lokal menanam buah – buahan dan tanaman perkebunan ini, para pengunjung wisatawan dapat menikmatinya dengan memetik hasil perkebunan.

Ada juga tradisi lainnya yaitu tradisi membuat kopi secara tradisional khas desa ini. Tentunya kalian para pengunjung juga dapat ikut membuat kopi ini. Kopi dari desa ini sangatlah spesial karena memiliki cita rasa unik yang khas dan berbeda dengan kopi lainnya.

  • Arsitektur bangunan rumah

Berbicara mengenai arsitektur bangunan, bangunan pada desa ini sangatlah unik sehingga tim UNESCO sangat tertarik untuk mengkaji dan menilai. Pasti kalian bertanya bukan, apa sih yang membuat arsitektur bangunan desa ini dicap unik? Desa ini hanya memiliki 7 rumah utama.

Arsitektur dari ke-7 bangunan tersebut juga masih terjaga hingga sekarang. Walaupun material utama pembuatan rumah ini adalah bahan alam, akan tetapi keawetannya sudah tidak dapat diragukan lagi. Kemudian pada titik tengah di antara 7 bangunan tersebut ada 1 bangunan menarik dan khusus yang bernama Compang.

Bangunan ini sifatnya sangat dikeramatkan oleh masyarakat setempat. Masih berbicara mengenai 7 rumah tersebut, yang unik adalah masing – masing rumah tersebut memiliki nama yang berbeda yang mengacu pada nama leluhur mereka.

Desa Wae Rebo sangat worth it untuk dikunjungi bukan?

Bagikan:
Previous

Wisata Bukit Sikunir, Dieng, Wonosobo Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Pulau Seribu, Kepulauan Seribu Yang Menjadi Primadona Wisata di DKI Jakarta

Next

Leave a Comment