Wisata Lokal Karimunjawa, Jepara Rasa Maldives

| |

Selain terkenal dengan kota kelahiran Ibu RA Kartini, Jepara memiliki wisata yang sudah amat terkenal karena kecantikannya. Karimunjawa, Jepara menjadi satu objek wisata yang banyak ditargetkan para wisatawan karena keindahannya. Apa itu Karimunjawa?

Objek wisata Karimunjawa ini merupakan wisata yang menyuguhkan kecantikan perairannya. Karimunjawa terdiri atas banyak pulau, yaitu mencapai 27 pulau yang letaknya 83 km di utara Kota Jepara. Di antara 27 pulau itu, hanya da 5 pulau yang berpenghuni. Banyak pemandangan yang menakjubkan di sana, penasaran ada apa saja?

Asal Usul Karimunjawa, Jepara

Asal usul nama karimunjawa sendiri berasal dari murid Sunan Kudus, yang bernama Syekh Amir Hasan, putra dari Sunan Muria. Beliau ini konon katanya merupakan anak yang nakal. Karena kenakalannya itulah, beliau dibuang ke pulau yang waktu itu masih disebut kerimun-kerimun oleh masyarakat setempat yang berarti samar-samar.

Dengan itu, lama kelamaan pulau kerimun-kerimun itu disebut sebagai kepulauan Karimunjawa.

Keindahan Alam yang Memikat dari Karimunjawa

Sektor utama dari kepulauan Karimunjawa ini adalah keindahan pulau dan lautnya. Pasirnya berwarna putih dan perairannya sangat jernih sampai-sampai bisa melihat ke dasarnya. Anda juga bisa melihat permukaan air yang berwarna biru nan cantik.

Kepulauan Karimunjawa ini dinobatkan sebagai salah satu Taman Nasional Indonesia pada tahun 2001. Juga dinobatkan sebagai Taman Laut Nasional yang memiliki lebih dari 240 jenis ikan, serta 90 jenis karang di lautnya. Bayangkan dengan air yang jernih, anda bisa melihat itu semua dengan jelas. Di tepi lautnya pun bisa anda jumpai hutan mangrove yang berfungsi untuk menangkal pengikisan pantai.

Selain kecantikan lautnya, anda juga bisa mendapati beragam satwa darat liar seperti rusa, kera, penyu, burung-burung dan lainnya. Sudah terbayang cantiknya?

Wisata Lokal Karimunjawa

Rute Menuju Karimunjawa

Untuk bisa menuju kepulauan Karimunjawa, anda bisa menggunakan jalur air maupun jalur udara. Jika menggunakan jalur air, anda bisa menggunakan Motor Cepat Kartini, Kapal Bahari Express, atau Kapal Motor Penumpang Muria.

Kecepatan sampai pada masing-masing kapal berbeda, Motor Cepat Kartini bisa menjangkau dalam waktu 4 jam perjalanan. Kapal Bahari Express bisa 2 jam, dan Kapal Motor Penumpang Muria bisa sampai dalam 6 jam. Itu pun biasanya tergantung kondisi dan cuaca, apabila cuaca tidak baik maka memungkinkan untuk dibatalkan atau ditunda.

Jika anda ingin menggunakan jalur udara pun bisa turun di Bandara Dewandaru pulau Kemujan.

Fasilitas yang Bisa Dinikmati

Ketika anda sampai, alangkah baiknya untuk mencari tour guide untuk mempermudah. Kemudian, anda bisa memilih untuk menginap di homestay para penduduk setempat atau di penginapan sederhana yang ada. Penduduk setempat biasanya menerapkan harga di bawah Rp. 100.000, sangat terjangkau bukan?

Karena sumber pemandangan utama adalah kecantikan lautnya, anda bisa melakukan aktivitas seperti diving melihat terumbu karang, bermain pasir dan air di tepi pantai, menikmati sunset di sore hari, berjemur, dan mengamati para nelayan yang mencari ikan.

Anda juga bisa berkeliling pulau, atau berkunjung ke pulau-pulau tetangga, snorkling, scuba diving, berkunjung ke penangkaran hiu dan memberi makan hiu. Anda pasti bisa bersenang-senang dan menikmati waktu yang berkualitas bersama sahabat atau keluarga anda, membuat api unggun di malam hari sambil makan hidangan laut bersama.

Jadi itu dia informasi mengenai keindahan kepulauan Karimunjawa, Jepara. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk berkunjung!

Bagikan:
Previous

Keindahan Pulau Bunaken yang Cocok untuk Dijadikan Destinasi Wisata Favorit

Taman Nasional Sebangau, Kalimantan Tengah

Next

Leave a Comment