[rank_math_breadcrumb]

Long Weekend di Wisata Alam Gunung Merbabu, Boyolali

| |

Hari libur memang merupakan kesempatan langka dan harus dihabiskan dengan baik. Berwisata alam di Gunung Merbabu, Boyolali bisa menjadi rekomendasi bagi anda yang butuh asupan alam. Sudah sejak lama, mendaki gunung menjadi kepuasan orang-orang sampai banyak yang memilih berwisata dengan mendaki.

Banyak yang datang dengan komunitasnya, baik itu dalam masyarakat maupun komunitas dalam kampus. Para pendaki memilih untuk mencari gunung-gunung baru untuk menjajal jalur pendakiannya yang bisa memuaskan adrenalin. Lalu, apa anda termasuk yang sedang mencari rekomendasi gunung?

Mengapa Harus Gunung Merbabu, Boyolali?

Bagi anda yang belum pernah berkunjung ke Gunung Merbabu, fakta-fakta di bawah ini akan menjadikan anda ingin segera mengunjunginya.

  1. Memiliki Tiga Puncak

Keunikan dari Gunung Merbabu ini memiliki 3 puncak utama yaitu, Puncak Trianggulasi, Puncak Kenteng Songo, dan Puncak Syarif. Dari puncak-puncak ini anda bisa menyaksikan pemandangan gunung-gunung lain yang ada di dekat gunung Merbabu seperti gunung Merapi, Gunung Sumbing, Sindoro, Lawu dan Slamet.

  • Menjadi Taman Nasional

Pada tanggal 4 Mei 2004, perubahan fungsi kawasan hutan lindung dan taman wisata alam pada kelompok hutan Merbabu seluas 5.725 hektare sudah disahkan melalui Keputusan Menteri Kehutanan No. 135/Menhut-II/2004. Hal ini dinyatakan karena gunung yang berada di 3 Kabupaten ini memiliki sumber flora dan fauna yang harus dilindungi. Sumber mata airnya pun dipercaya menjadi sumber mata air yang mampu menyalurkan air bersih bagi manusia.

  • Memiliki 5 Jalur Pendakian

Jika anda memutuskan ingin mendaki Gunung Merbabu, anda bisa memilih salah satu jalur pendakiannya, yaitu jalur Kopeng Thekelan, Wekas, Kopeng Cunthel, Swanting dan Selo. Untuk jalur yang paling populer adalah jalur Selo, hal ini dikarenakan ada sabana yang luas yang bertambah cantik ketika bunga Edelweiss bermekaran.

  • Tingginya Mencapai 3.145 MDPL

Untuk anda yang penasaran dengan ketinggian Gunung Merbabu, tingginya adalah 3.145 meter di atas permukaan laut. Cukup tinggi dan mungkin tidak disarankan untuk para pendaki pemula. Dengan ketinggian ini, Merbabu dipercaya pernah meletus pada tahun 1570.

Kisah Mistis di Gunung Merbabu

Sama halnya seperti gunung-gunung lain, Gunung Merbabu juga memiliki kisah mistisnya sendiri. Jika anda melewati jalur pendakian Tekelan, anda akan menjumpai Watu Gubug, yang konon katanya adalah pintu gerbang menuju Istana Ghaib Merbabu yang berisi makhluk-makhluk halus. Ada yang menjadikannya tempat bersemedi. Luasnya hanya bisa menampung maksimal 10 orang.

Keunikannya adalah, jika seseorang yang melihat lubang dari tumpukan-tumpukan batu itu kecil, maka orang itu dianggap tidak diterima kedatangannya. Masyarakat pun masih melakukan tradisi pada malam 1 Suro, di kawah gunung.

Fasilitas, Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Fasilitas yang disediakan bagi para pengunjung adalah berupa Kamar Mandi, Mushola, Area Parkir dan Tempat Istirahat. Jadi, sudah cukup umum dan anda tidak perlu khawatir karena gunung Merbabu ini sudah cukup ramai dikunjungi banyak orang.

Untuk jam bukanya sendiri juga bisa 24 jam selama hari Senin sampai Minggu. Tiket masuk yang dibanderol pun sangat murah, hanya seharga Rp. 15.000 saja anda bisa mendapatkan pemandangan dan pengalaman yang menakjubkan. Disarankan untuk anda yang ingin mendaki, datanglah bersama rombongan agar selalu bisa menjaga keamanan satu sama lainnya. Pastikan juga membawa peralatan mendaki dan persediaan makanan dan air yang cukup. Demikian informasi mengenai Gunung Merbabu, Boyolali. Semoga bermanfaat

Bagikan:
Previous

Nikmati Udara Segar dan Keindahan Alam di Air Terjun Riam Sebopet, Kalimantan Barat

Wisata Bukit Sikunir, Dieng, Wonosobo Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Next

Leave a Comment