[rank_math_breadcrumb]

Mengintip Keindahan Grojokan Sewu, Tawangmangu Karanganyar

| |

Jika anda merupakan penikmat wisata alam, anda wajib berkunjung ke Grojokan Sewu, Tawangmangu Karanganyar. Bukan saja gunung dan laut, wisata air pun sangat menenangkan dan ampuh untuk mengatasi penat. Tapi apa anda tahu apa itu Grojokan Sewu?

Grojokan Sewu adalah wisata air terjun di Tawangmangu Karanganyar. Gemercik air yang jatuh dari ketinggian dengan pemandangan alam yang hijau sangat bisa menahan pengunjung yang datang. Lalu, apa bedanya air terjun ini dengan air terjun lainnya?

Keunikan Grojokan Sewu, Tawangmangu Karanganyar

Dari namanya sendiri, Grojokan Sewu sudah mengartikan bahwa air terjun ini berjumlah seribu. Tapi apa benar berjumlah seribu?

Tentu saja tidak. Kata seribu ini merupakan bentuk majas hiperbola karena air terjun ini memiliki intensitas air yang sangat deras dan banyak. Karena itulah disebut Grojokan Sewu (air terjun seribu).

Lokasinya ada di Karanganyar, dengan ketinggian mencapai 81 meter. Letaknya juga berada di kaki Gunung Lawu.

Anda yang ingin berkunjung, bisa melalui salah satu dari dua pintu masuk yang ada. Masing-masing pintu masuk ini memiliki perbedaan, yang mana keduanya sangat cantik namun dengan kesan opening yang berbeda.

Pintu masuk pertama ada di dekat Balekembang. Disarankan untuk anda yang memiliki fisik kuat dan terbiasa mendaki untuk masuk lewat jalur ini. Mengapa? Tentu saja karena tracknya yang menantang. Di depan, ada banyak kuda-kuda berjejer menyambut kedatangan para pengunjung. Setelah itu, anda akan disuguhkan dengan 1000 anak tangga untuk bisa mencapai ke air terjun.

Itulah mengapa jalur ini dikatakan jalur yang menantang. Sebenarnya jalur ini sangat aman, namun dengan terus menaiki tangga tentu butuh banyak tenaga dan bersiap untuk mengatur napas. Namun jangan khawatir, oksigen masih sangat berlimpah dengan banyaknya pepohonan yang menambah asri perjalanan.

Sedangkan di pintu kedua, adalah jalan yang cocok untuk segala kalangan. Lansia pun masih bisa menikmati karena jalur perjalanannya yang landai. Dalam perjalanan, anda akan menemui sepasang patung katak dan ular yang dialiri air. Ini menjadi sebuah taman kecil yang bisa juga menjadi spot foto anda dan keluarga.

Tidak jauh dari itu, akan anda jumpai rumah makan yang bisa menjadi tempat bersinggah anda untuk beristirahat. Sedangkan untuk mengetahui tingkat keasrian alamnya, anda juga akan menjumpai kera-kera yang masih berkeliaran bebas. Anda juga bisa memberi mereka makan, namun berhati-hatilah dengan barang bawaan anda.

Rute, Jam Masuk dan Tiket Masuk

Untuk menuju ke lokasi, anda bisa memulai dari jalur Terminal Tawangmangu. Dari Tawangmangu, anda hanya perlu berjalan perlahan dengan jarak 1 km untuk sampai di pintu masuk pertama. Dan untuk pintu masuk kedua berjarak 500 meter dari pintu masuk pertama.

Harga tiketnya sendiri terbanderol menjadi dua jenis. Untuk anda pengunjung dari dalam negeri, anda bisa masuk dengan membayar tiket sebesar Rp. 20.000 per orang. Namun harga lain terpatok untuk wisatawan internasional, yaitu dengan harga sebesar Rp. 110.000.

Jam buka wisata ini mulai dari pukul 07.00-17.00. Hal ini dikarenakan untuk keamanan dan agar para pengunjung dapat menyaksikan keindahannya. Perlu diingat, dengan awal kata Grojokan Sewu ini jangan sampai anda berada terlalu dekat dengan air terjun karena airnya yang sangat deras. Selain itu, anda juga bisa mencoba fasilitas wahana Flying Fox untuk menguji adrenalin.

Demikianlah informasi mengenai Grojokan Sewu, Tawangmangu Karanganyar. Semoga bermanfaat.

Bagikan:
Previous

Pulau Seribu, Kepulauan Seribu Yang Menjadi Primadona Wisata di DKI Jakarta

Cerita Menarik dari Pantai Batu Capeo Ambon, Maluku

Next

Leave a Comment