[rank_math_breadcrumb]

Taman Nasional Sebangau, Kalimantan Tengah

| |

Taman Nasional Sebangau, Kalimantan Tengah merupakan rekomendasi tempat wisata yang dapat Anda kunjungi saat berkunjung ke Pulau Kalimantan. Jika biasanya hutan yang menjadi tempat wisata adalah hutan tropis, maka Taman Nasional Sebangau menyuguhkan pemandangan berupa hutan gambut.

Taman Nasional Sebangau terletak di Jl. Mahir Mahar KM. 12, Paduran Sabangau, Kecamatan Sebangau Kuala, Kabupaten Pulang Pisau.

Keanekaragaman Flora dan Fauna Taman Nasional Sebangau, Kalimantan Tengah

Taman Nasional Sebangau merupakan hutan gambut yang berada di Pulau Kalimantan. Taman nasional ini memiliki luas sekitar 568.700 hektar yang dihuni berbagai macam flora dan fauna.  Taman Nasional Sebangau menjadi habitat bagi primata seperti orangutan dan beberapa jenis reptil dengan populasi terbesar.

Hutan wisata ini menjadi sebuah taman nasional karena juga menjadi habitat bagi berbagai macam hewan langka. Terdapat 13 hewan langka yang mendiami taman nasional ini. Beberapa hewan langka tersebut yang berada di taman nasional ini antara lain, owa, orangutan, beruk, binturong, beruang madu, kelasi, musang pohon, kucing hutan, macan dahan, dan bajing. Terdapat juga beberapa jenis burung langka yang terancam punah, seperti elang hitam, baliang, dan cengak merah.

Selain fauna langka, Taman Nasional Sebangau juga memiliki beraneka ragam flora. Terdapat 809 jenis flora yang ditemukan di Taman Nasional Sebangau. Flora yang ditemukan terdiri dari 128 suku, dan terdapat 16 spesies flora yang belum teridentifikasi di taman nasional ini. Beberapa flora langka yang dapat ditemukan antara lain, Rubiaceae, Fabaceae, Clusiaceae, Cyperaceae, Lauraceae, dan Annonaceae.

Kegiatan Wisata di Taman Nasional Sebangau

Keberagaman fauna dan flora menjadi salah satu pesona alam dan daya tarik wisata di Taman Nasional Sebangau. Anda dapat menyaksikan beberapa fauna langka di sini. Selain wisata, Anda juga mendapatkan edukasi mengenai hewan langka.

Kegiatan mengamati fauna akan lebih menyenangkan lagi jika Anda menaiki perahu sambil menyusuri Sungai Koran. Para wisatawan akan diajak berkeliling menyusuri sungai dan berhenti di setiap dermaga untuk menikmati suasana tepi sungai.

Selain berbagai macam fauna, Anda juga dapat menemukan flora khas Taman Nasional Sebangau, yaitu pohon rasau. Pohon ini berbentuk mirip dengan pohon pandan laut. Pohon rasau sering digunakan sebagai bahan untuk membuat tikar.

Taman Nasional Sebangau

Air di sepanjang Sungai Koran memiliki keunikan yaitu airnya berwarna kehitaman. Hal ini terjadi karena tanah yang berada di sekitar Taman Nasional Sebangau merupakan tanah gambut.

Jika Anda ingin merasakan pengalaman menyusuri sungai dengan perahu di sepanjang Sungai Koran, Anda akan dikenakan tarif Rp 450 ribu untuk perahu berkapasitas 3 sampai 4 penumpang. Jika Anda juga ingin menambah kegiatan dengan menelusuri hutan, maka aka nada biaya tambahan sebesar Rp 150 ribu.

Selain menyusuri sungai dan hutan, Anda juga dapat mendaki Bukit Bulan untuk melihat keindahan pemandangan Taman Nasional Sebangau dari ketinggian.

Akses Menuju Taman Nasional Sebangau

Untuk berwisata ke Taman Nasional Sebangau, Anda membutuhkan sedikit perjuangan, mengingat letak taman nasional ini berada di kawasan hutan gambut. Anda dapat memulai perjalanan dari Palangkaraya dengan menyewa mobil menuju Pelabuhan Kareng Bengkirai. Dari Pelabuhan Kareng Bengkirai Anda harus menyewa perahu penduduk untuk menuju Pelabuhan Pagatan Hilir, dilanjutkan lagi menuju Pelabuhan Kecamatan Mendawai yang merupakan bagian dari Kawasan Taman Nasional Sebangau.

Taman Nasional Sebangau, Kalimantan Tengah dapat menjadi referensi wisata bagi Anda yang menyukai petualangan. Sensasi alam yang ditawarkan tidak tanggung-tanggung. Kegiatan seperti menyusuri sungai dan hutan menjadi sebuah pengalaman wisata yang sulit dilupakan.

Bagikan:
Previous

Wisata Lokal Karimunjawa, Jepara Rasa Maldives

3 Taman Yang Menarik di Kebun Raya Bogor

Next

Leave a Comment