[rank_math_breadcrumb]

Pesona Pantai Tersembunyi, Pantai Batu Belat, Kalimantan Barat

| |

Tidak banyak yang tahu jika terdapat sebuah pantai indah yaitu Pantai Batu Belat, Kalimantan Barat. Pantai indah di Kalimantan Barat ini masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. Meskipun fasilitas di pantai ini dibandingkan dengan pantai lainnya, seperti Pantai Panjang Indah, Sinka Island, atau Pantai Kura-Kura.

Namun fasilitas standar seperti kamar mandi dan toilet masih tersedia walaupun jumlahnya terbatas. Terdapat juga beberapa villa pribadi yang bisa Anda sewa untuk bermalam di Pantai Batu Belat.

Lokasi Pantai Batu Belat, Kalimantan Barat

Pantai Batu Belat terletak di Pulau Kalimantan, tepatnya terletak di Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Aktivitas Seru di Pantai Batu Belat

Pantai Batu Belat menjadi sebuah pantai yang masih asri karena masih sedikit orang yang berkunjung ke sini. Hal ini membuat suasana di pantai sangat tenang dengan pemandangan yang masih sangat alami.

Beberapa perbukitan kecil di sekitar pantai memiliki semak-semak berwarna hijau yang membuatnya terlihat asri. Kondisi alam di sekitar pantai menjadi daya tarik untuk melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:

  1. Hiking

Keunikan dari pantai Batu Belat adalah adanya beberapa perbukitan di sekitar pantai. perbukitan di sekitar pantai bernama bukit Tanjung Gundul yang memanjang hingga ke Pantai Kura-Kura. Anda dapat melakukan hiking ke atas bukit Tanjung Gundul untuk bisa menikmati pemandangan bukit yang hijau dan lautan lepas pantai Batu Belat.

  • Camping

Anda dapat melakukan camping di area sekitar Pantai Batu Belat. Anda dapat mendirikan tenda di lapangan yang tidak jauh dari pantai, Anda juga dapat camping di beberapa lahan hijau milik masyarakat. Jangan lupa untuk meminta izin terlebih dahulu jika Anda ingin menggunakan lahan milik masyarakat untuk camping. Camping di sekitar pantai batu belat sangat menyenangkan, Anda dapat bermalam dengan membakar api unggun sambil melihat suasana malam Pantai Batu Belat.

  • Hunting Foto

Pemandangan alami Pantai Batu Belat sangat cocok untuk dijadikan tempat hunting foto bagi Anda yang menggemari dunia fotografi. Pasir putih, lautan yang biru, bukit-bukit yang hijau, bebatuan dan beberapa kapal nelayan dapat menjadi objek foto yang sangat menarik untuk menyalurkan hobi fotografi Anda.

Bagi Anda yang tidak menggeluti dunia Fotografi, Anda dapat melakukan swafoto di Pantai Batu Belat. Latar pemandangan yang memukau akan membuat swafoto Anda menarik. Tetap berhati-hati saat melakukan swafoto karena ombak laut dan tebing batu yang tajam bisa mengganggu swafoto Anda.

Akses Pantai Batu Belat

Jalan menuju pantai batu belat sama dengan jalan menuju pantai Kura-Kura. Anda bisa memilih jalan raya Pontianak-Singkawang untuk menuju ke sana. Untuk menuju ke sana, Anda dapat terlebih dahulu menemukan Pantai Kura-Kura sebelum menuju Pantai Batu Belat. Saat Anda sudah berada di Pantai Kura-Kura, Anda dapat berjalan atau berkendara menyusuri Pantai ke arah selatan. Ketika Anda sudah melewati bukit kecil yang berbentuk tanjung, Anda akan menemukan pantai ini.

Tiket Masuk Pantai Batu Belat

Untuk masuk Pantai Batu Belat, Anda tidak dikenakan biaya, akan tetapi karena Anda harus memasuki Pantai Kura-Kura terlebih dahulu, Anda wajib membayar tiket masuk Pantai Kura-Kura. Tiket masuk Pantai Kura-Kura adalah Rp. 5.000 – Rp. 10.000.

Jika Anda berkunjung ke Pulau Kalimantan dan ingin berekreasi ke nuansa alam, Anda dapat memilih Pantai Batu Belat, Kalimantan Barat sebagai destinasi wisata Anda. Pantai ini adalah pilihan tepat karena masih jarang wisatawan yang datang ke pantai ini. Anda dapat melakukan aktivitas di atas untuk menambah keseruan menikmati pantai ini.

Bagikan:
Previous

Info Lengkap Wisata Gunung Tangkuban Perahu, Bandung

Mari Berwisata Sejarah Bersama Pantai Waisisil

Next

Leave a Comment