[rank_math_breadcrumb]

Wisata Alam di Objek Wisata Kawah Putih, Bandung

| |

Kawah Putih, Bandung merupakan salah satu dari sekian banyak objek wisata menarik di Bandung. Objek wisata ini merupakan salah satu objek wisata alam favorit wisatawan. Kawah putih menawarkan keindahan danau yang diselimuti oleh kabut sehingga memiliki ciri khas tersendiri.

Objek wisata Kawah Putih memiliki suasana alam yang masih sangat alami karena terletak di daerah Bandung Selatan yang kebanyakan daerahnya masih sangat hijau dan alami. Kawah Putih dikelilingi oleh kebun teh Walini yang segar dan terawat. Suasana di Kawah Putih juga tenang dan jauh dari keramaian, sangat cocok bagi Anda untuk melepaskan penat.

Sejarah Kawah Putih, Bandung

Kawah Putih terbentuk dari letusan Gunung Patuha pada abad 10. Pada awalnya Kawah putih dianggap angker oleh masyarakat sekitar dan tidak pernah dikunjungi orang-orang. Namun, pada tahun 1837 seorang ahli berkebangsaan Belanda, Dr. Franz Wilhelm Junghuhn menyelidiki daerah ini dan menemukan sebuah kawah berwarna putih yang indah.

Sejak saat itu Kawah Putih dikembangkan menjadi sebuah objek wisata dan kemudian dikelola oleh pemerintah pada tahun 1887.

Fasilitas Objek Wisata Kawah Putih

  1. Ontang-Anting Kawah Putih

Objek wisata menyediakan fasilitas bis wisata untuk mengangkut pengunjung dari parkir area bawah menuju Kawah Putih. Selain sebagai angkutan pengangkut, ontang-anting juga menjadi fasilitas hiburan bagi pengunjung untuk menikmati alam di sekitar Kawah Putih.

  • Dermaga dan Jembatan Apung

Salah satu fasilitas yang menambah keindahan objek wisata Kawah Putih adalah dermaga dan jembatan apung. Fasilitas ini dapat menjadi spot foto menarik bagi para wisatawan Untuk bisa masuk ke jembatan apung dan dermaga ini pengunjung dikenakan tarif Rp. 10.000.

  • Skywalk Cantigi

Skywalk Cantigi merupakan salah satu fasilitas yang wajib Anda coba. Skywalk Cantigi merupakan platform bambu yang berada mengelilingi kawah putih. Skywalk berada di perbukitan kecil di sekitar kawah Putih, sehingga Anda bisa melihat pemandangan dari atas saat berada di area skywalk Cantigi. Untuk menikmati fasilitas ini pengunjung dikenakan biaya Rp. 10.000.

  • Lokasi Kawah Putih

Objek wisata Kawah Putih terletak di jalan Soreang – Ciwidey, Bandung Selatan yang berjarak 50 KM dari pusat Kota Bandung. Anda akan menemukan lokasi Kawah Putih setelah kebun teh Rancabali.

Tidak perlu khawatir untuk menemukan lokasi Kawah Putih, karena banyak petunjuk arah menuju lokasi ini. Saat ini akses dari tol juga memudahkan wisatawan datang ke Kawah Putih. Anda dapat melalui Gerbang Tol Soreang untuk menyingkat waktu perjalanan.

Jika Anda pergi menggunakan kendaraan umum, Anda dapat naik angkutan umum dari terminal Leuwi Panjang – Terminal Ciwidey, kemudian dilanjutkan dengan menaiki angkot rute Ciwidey-Situ Patenggang, kemudian Anda dapat berhenti di depan gerbang masuk Kawah Putih.

Harga Tiket dan Jam Buka Kawah Putih

Objek Wisata Kawah Putih, dapat Anda kunjungi pada pukul 07.00-17.00 WIB . Namun, jam operasional Kawah Putih dapat berubah sesuai dengan kondisi cuaca di lokasi. Hal ini dikarenakan kabut di sekitar Kawah Putih akan meningkat saat cuaca buruk dan dapat membahayakan wisatawan.

Objek wisata Kawah Putih saat ini berada dikelola oleh Perhutani. Tiket masuk ke Objek Wisata Kawah Putih terbagi menjadi beberapa kategori sebagai berikut:

  • Wisatawan lokal : Rp. 25.000
  • Wisatawan mancanegara : Rp. 75.000
  • Photo session : Rp. 500.000
  • Biaya akses mobil pribadi ke area parkir atas : Rp. 150.000

Keindahan dan pesona Kawah Putih yang khas dapat menjadi alasan bagi Anda untuk mengunjungi objek wisata Kawah Putih. Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati semua fasilitas di Kawah Putih, Bandung.

Bagikan:
Previous

Pesona Keindahan Pantai Lasiana Nusa Tengara Timur

Leave a Comment