[rank_math_breadcrumb]

Info Lengkap Wisata Gunung Tangkuban Perahu, Bandung

| |

Jika berbicara mengenai tempat wisata, tak lengkap rasanya jika tidak memasukkan Wisata Gunung Tangkuban Perahu, Bandung sebagai daftar wisata yang harus dikunjungi. Di sana terdapat kawah yang indah dan cantik yang menjadi ikon destinasi wisata itu sendiri. Jika berencana untuk datang ke Gunung Tangkuban Perahu, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Pesona Wisata Gunung Tangkuban Perahu, Bandung

Kabupaten Bandung memiliki segudang destinasi wisata, salah satunya adalah Tangkuban Perahu. Gunung aktif Lembang Bandung memiliki ketinggian sekitar 2.084 meter dan berjarak 20 kilometer dari Kota Bandung. Daerah yang dikelola oleh Perum Kehutanan Pemkab Bandung ini memiliki suhu 17 derajat Celcius saat siang hari dan 2 derajat Celcius saat malam hari.

Ada beberapa kawasan hutan Diptrokat Bukit di Gunung Tangkuban Perahu, yaitu Hutan Dipterokarp Atas, Hutan Montane, Hutang Gunung, dan Hutan Ericaceous. Status Gunung Tangkuban Perahu hingga saat ini masih tergolong ke dalam gunung berapi aktif dan diawasi oleh Badan Direktorat Vulkanologi Indonesia. Salah satu tanda gunung ini masih aktif adalah munculnya gas belerang serta air api yang ada di kawasan Ciater, Subang.

Terdapat tiga kawah populer yang ada di Tangkuban Perahu, yaitu Kawah Ratu, Kawah Domas, dan Kawah Upas. Letusan gunung yang terjadi beberapa tahun lalu mengakibatkan terbentuknya kawah-kawah tersebut. Kenali kawah-kawah yang ada di kawasan Tangkuban Perahu berikut ini.

  1. Kawah Ratu

Kawah utama dan terbesar yang ada di kawasan Gunung Tangkuban Perahu adalah Kawah Ratu. Bentuk dari kawah ini ialah seperti mangkuk besar dan memiliki kedalaman sebesar 500 meter dari permukaan tanah. Cairan yang ada di bagian bawah dan mirip air tersebut dapat berubah warna, mulai dari biru, hijau sampai abu-abu. Pengunjung dapat dengan mudah menikmati keindahan kawah ini karena areanya yang mudah untuk dicapai.

  • Kawah Upas

Kawah yang selanjutnya adalah Kawah Upas yang lokasinya berdekatan dengan Kawah Ratu. Pengunjung dapat menikmati keindahan Kawah Upas yang berjarak sekitar 1,5 kilometer dari Kawah Ratu dan dapat ditempuh sekitar 45 menit. Namun pengunjung harus mengetahui terlebih dahulu dan mematuhi peraturan yang berlaku di kawasan ini, karena terdapat racun mematikan dalam kawasan kawah ini.

  • Kawah Domas

Kawah yang terakhir adalah Kawah Domas yang letaknya sekitar 1,2 kilometer dari area Kawah Ratu dan dapat ditempuh selama 30-40 menit perjalanan. Wisatawan akan disuguhi pemandangan berbagai jenis pohon endemic yang terdapat di sepanjang perjalanan. Terdapat sumber mata air panas di area Kawah Domas dan memiliki suhu 980-1500 Celcius. Terdapat pula kolam-kolam kecil yang sering dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit, seperti panu dan kurap.

Pengunjung juga bisa membeli souvenir atau oleh-oleh khas Bandung di kawasan Tangkuban Perahu, seperti boneka, tas, handmade, syal dan oleh-oleh lainnya. Destinasi wisata Tangkuban Perahu dibuka pukul 08.00 WIB dan tutup pukul 17.00 WIB.

Lokasi dan Rute Menuju Gunung Tangkuban Perahu di Bandung

Wisata Tangkuban Perahu terkenal di kalangan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara dan terletak di Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Keindahan yang dimiliki destinasi wisata ini akan memanjakan mata siapapun yang melihatnya, maka tak heran saat akhir pekan atau musim liburan tiba, destinasi wisata ini akan dipadati pengunjung, loh!

Ada dua rute yang dapat dipilih untuk menuju Tangkuban Perahu jika berasal dari Kota Bandung dan menggunakan kendaraan pribadi, yaitu dari keluar pintu tol Pasteur dan pintu tol Padalarang. Jika menggunakan transportasi umum, kita bisa menggunakan bus dari terminal Leuwi Panjang (Bandung) dan jika turun dari Stasiun Hall (Bandung) bisa menaiki angkot jurusan Hall-Lembang.

Jarak yang bisa ditempuh wisatawan dari Kota Bandung ke Tangkuban Perahu adalah sekitar 20 kilometer. Wisatawan akan disuguhi pemandangan yang indah, seperti hutan pinus dan kebun teh selama di perjalanan. Saking indahnya pemandangan yang ada di sana, ada banyak film dan sinetron yang mengambil latar tempat di sana.

Demikianlah informasi mengenai destinasi Wisata Gunung Tangkuban Perahu, Bandung. Perhatikan beberapa hal sebelum pergi ke tempat wisata tersebut, agar Anda tetap aman dan nyaman selama liburan.

Bagikan:
Previous

Cerita Menarik dari Pantai Batu Capeo Ambon, Maluku

Pesona Pantai Tersembunyi, Pantai Batu Belat, Kalimantan Barat

Next

Leave a Comment