[rank_math_breadcrumb]

Pesona Curug Cikaso, Sukabumi Yang Memanjakan Mata

| |

Ada banyak air terjun di Indonesia yang indah dan wajib untuk dikunjungi, salah satunya ialah Curug Cikaso, Sukabumi. Curug Cikaso sendiri memiliki pemandangan alam yang indah dan tentunya masih alami, selain itu destinasi wisata ini merupakan wisata alam yang paling disukai di Ujung Genteng. Simak berbagai keindahan yang ada di Curug Cikaso berikut ini.

Keindahan Curug Cikaso, Sukabumi

Curug yang sering disebut dengan Curug Luhur ini terletak di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Di Curug Cikaso terdapat tiga titik air terjun, yaitu Curug Aseupan, Curug Menong dan Curug Aki. Curug Cikaso memiliki lebar 100 meter dan ketinggian sebesar 80 meter.

Pengunjung akan disuguhi pemandangan tiga air terjun beserta rimbunan pepohonan yang sangat indah dan asri di Curug Cikaso. Terdapat kolam yang memiliki warna biru kehijauan yang berasal dari limpahan air Curug Cikaso. Pengunjung akan terkesima dengan limpahan air curug tersebut dan akan memberikan perasaan yang sejuk bagi siapapun yang melihatnya.

Dedaunan yang ada di sekitar akan terkena curahan air terjun yang mana akan menambah keistimewaan pemandangan disana. Ketika debit air sedang melimpah, keindahan curug akan semakin bertambah. Namun pengunjung juga perlu berhati-hati ketika berada disana. Kolam yang ada di Curug Cikaso memiliki pusaran air yang deras dan mempunyai kedalaman sebesar 15 meter.

Jika pengunjung ingin berenang di kolam, pastikan untuk berenang di bagian yang aman sehingga akan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Pengunjung bisa menanyakan daerah mana yang aman untuk berenang kepada penjaga Curug Cikaso.

Jalan Menuju Curug cikaso

Jika dari Surade, Curug Cikaso dapat dijangkau karena letaknya hanya sekitar 8 kilometer. Curug ini juga bisa ditempuh sekitar 15 kilometer jika dari Jampang Kulon dan 32 kilometer jika dari Ujung Genteng. Jika dari pusat kota Sukabumi, Curug Cikaso dapat ditempuh sekitar 110 kilometer. Selain itu jika pengunjung berasal dari Pelabuhan Ratu, Curug Cikaso dapat ditempuh sekitar 70 kilometer.

Para pengunjung harus melakukan perjalanan menuju Pantai Ujung Genteng terlebih dahulu untuk dapat sampai ke Curug Cikaso. Pengunjung harus menuju Jampang Kulon jika dari Sukabumi, dan melanjutkan ke arah Surade. Pengunjung harus berbelok di pertigaan saat di tengah perjalanan untuk menuju ke Jalan Cikaso, saat menuju Surade.

Pengunjung harus menyiapkan fisik dan mental sebelum memulai perjalanan ke Curug Cikaso. Pengunjung akan ditantang selama di perjalanan karena banyak sekali badan jalan yang rusak berat.  Banyak sekali rintangan yang akan dihadapi, seperti banyaknya tikungan, tanjakan, dan turunan yang cukup curam.

Daya Tarik Lainnya

Curug Cikaso merupakan salah satu curug yang paling indah di Sukabumi dan tentunya memiliki banyak daya tarik tersendiri. Berbeda dengan air terjun lain, Curug Cikaso sendiri memiliki tiga tumpahan air terjun. Bunyi air curug akan semakin keras dan menakjubkan karena adanya tiga tumpahan air tersebut. Curug ini juga memiliki air yang jernih dan segar, selain aliran airnya yang deras.

Demikian artikel mengenai destinasi wisata Curug Cikaso, Sukabumi. Semoga informasi yang telah dijelaskan dalam artikel ini dapat menambah pengetahuan pembaca, khususnya yang ingin mengunjungi wisata Curug Cikaso. Persiapkan semua hal yang akan dibutuhkan disana agar liburan bersama keluarga dapat berjalan dengan aman dan menyenangkan.

Bagikan:
Previous

Wisata Air Terjun Gunung Bintan, Kepulauan Riau

Nikmati Udara Segar dan Keindahan Alam di Air Terjun Riam Sebopet, Kalimantan Barat

Next

Leave a Comment