[rank_math_breadcrumb]

Wisata Bukit Sikunir, Dieng, Wonosobo Yang Menarik Untuk Dikunjungi

| |

Daerah Wonosobo merupakan salah satu daerah yang terkenal akan wisata alamnya yang indah, salah satunya Bukit Sikunir, Dieng yang terkenal akan Golden Sunrise-nya. Gunung Sikunir sendiri memiliki ketinggian 2.463 mdpl dan menjadi salah satu destinasi favorite yang terdapat di dataran tinggi Dieng. Destinasi wisata ini sangat disukai oleh masyarakat, baik lokal maupun mancanegara.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa terdapat Golden Sunrise yang indah dan menjadikan destinasi wisata Bukit Sikunir sangat digemari oleh berbagai kalangan. Selain itu terdapat pula telaga cebong yang bisa dinikmati wisatawan dari puncak Gunung Sikunir. Pemandangan disana akan semakin terasa indah karena rumah-rumah penduduk yang tertata dengan sangat rapi.

Pemandangan 8 Gunung di Bukit Sikunir, Dieng dan Tempat Camping Yang Asik

Selain dapat melihat Golden Sunrise yang dapat memanjakan mata, terdapat pula pemandangan 8 gunung yang bisa dilihat pengunjung dari Bukit Sikunir secara bersamaan. Pengunjung akan disuguhkan pemandangan gunung yang indah saat sampai di puncak Bukit Sikunir.

Saat matahari terbit pengunjung dapat melihat gunung-gunung tersebut, di antaranya Gunung Sumbing, Gunung Slamet, Gunung Prau, Gunung Sindoro, Gunung Merbabu hingga Gunung Merapi. Jika cuaca sedang cerah, pengunjung dapat melihat pemandangan gunung-gunung tersebut, namun sebaliknya, jika cuaca sedang tidak cerah pengunjung hanya akan melihat pemandangan beberapa gunung saja.

Wisata alam Sikunir bisa menjadi pilihan bagi mereka yang senang berkemah. Di Tepi Telaga Cebong, pengunjung dapat mendirikan tenda kemah disana. Pemandangan Gunung Sikunir bisa dilihat secara langsung melalui tenda yang telah dipasang. Namun untuk menjaga kelestarian gunung, pengunjung tidak diperbolehkan mendirikan tenda di Bukti Sikunir sehingga hanya diperbolehkan di Tepi Telaga.

Terdapat pula warung yang menyediakan bermacam-macam makanan dan oleh-oleh khas Dieng yang bisa pengunjung beli. Dengan begitu pengunjung tidak perlu khawatir lagi saat berlibur disana.

Rekomendasi Waktu Terbaik Untuk Mengunjungi Bukit Sikunir

Waktu terbaik yang disarankan untuk mengunjungi destinasi wisata Bukit Sikunir adalah saat bulan Juli sampai Oktober. Pada waktu tersebut Dieng sedang dalam musim kemarau yang mana tidak akan ada kabut tebal. Pemandangan sunrise dari Bukit Sikunir akan semakin sempurna jika tidak ada kabut tebal. Pengunjung akan melihat hamparan awan menakjubkan yang ada di bawah, sehingga akan menimbulkan kesan sedang berada di negeri di atas awan.

Suhu udara Dieng akan mencapai titik terendahnya yaitu 0 derajat Celcius saat musim kemarau tiba, bahkan bisa berubah menjadi butiran es. Maka dari itu, pengunjung sangat disarankan untuk memakai jaket saat datang kesana agar tetap dalam keadaan hangat.

Lokasi Bukit Sikunir Dieng Wonosobo

Bukit Sikunir terletak di desa tertinggi di Pulau Jawa yang memiliki ketinggian 2.306 mdpl, yaitu Desa Sembungan, Kejajar, Wonosobo. Ada dua destinasi wisata menarik di Desa Sembungan, yaitu Telaga Cebong dan Bukit Sikunir. Sehingga pengunjung bisa menikmati dua tempat wisata sekaligus saat berkunjung ke Desa Sembungan.

Bukit Sikunir termasuk bukit yang mudah untuk didaki dan tak butuh waktu lama untuk sampai kesana, hanya memakan waktu 30-45 menit. Golden Sunrise akan tetap bisa pengunjung lihat meskipun memulai pendakian pukul 05.00 WIB. Dengan perjalanan yang singkat, pengunjung sudah bisa menyaksikan Golden Sunrise.

Berbagai penjelasan mengenai destinasi wisata Bukit Sikunir, Dieng sudah dijelaskan dalam artikel ini. Semoga informasi yang diberikan dapat menambah pengetahuan pembaca, khususnya yang sedang mempunyai rencana berlibur ke Bukti Sikunir.

Bagikan:
Previous

Long Weekend di Wisata Alam Gunung Merbabu, Boyolali

Desa Wae Rebo dan Kearifan Alam Di Dalamnya

Next

Leave a Comment