Fakta Pulau Padar, Pulau Indah Yang Dekat Dengan Pulau Komodo

| |

Pernahkah kamu mendengar nama Pulau Padar? Jika belum, bagaimana dengan Labuan Bajo? Pasti sudah tidak asing lag ikan. Kawasan wisata Labuan Bajo merupakan Kawasan wisata yang sudah sangat terkenal. Disana terdapat banyak pulau yang cukup terkenal, seperti Pulau Rinca dan Pulau Komodo. Namun, terdapat sebuah pulau yang tidak kalah mempesona dari kedua pulau tersebut yaitu Pulau Padar.

Pulau Padar merupakan pulau terbesar ketiga di Labuan Bajo. Pulau ini memiliki pantai dengan pasir putih yang indah dan beberapa hamparan bukit sekitarnya. Dengan segala keindahannya pulau ini terlihat begitu eksotis.

Fakta Pulau Padar

Pulau Padar memiliki keunikan tersendiri dari banyaknya pulau di Labuan Bajo. Kamu wajib mengetahui beberapa fakta dari pulau ini sebelum berkunjung ke sana. Masih sedikit orang yang mengetahui fakta tentang Pulau Padar. Oleh karena itu kamu wajib mengetahuinya. Inilah beberapa fakta menarik seputar Pulau Padar:

  1. Bagian dari Kawasan Taman Nasional  Komodo

Pulau Padar merupakan pulau yang termasuk ke dalam Kawasan Taman Nasional Komodo. Pulau ini berada di perairan barat Pulau Flores, oleh karena itu pulau ini termasuk dalam kawasan taman nasional.

Letak pulau ini yang berada di Kawasan Taman Nasional Komodo, menyebabkan kamu harus mengikuti beberapa tata tertib yang berlaku. Kamu bisa bertanya kepada para petugas yang berada di sekitar kawasan sebelum kamu melakukan perjalanan.

  • Masuk ke dalam pulau terbesar ketiga di Taman Nasional Komodo

Fakta yang perlu kamu ketahui adalah, bahwa Pulau Padar  adalah Pulau terbesar ketiga setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca.

Pulau ini memiliki bentuk yang unik jika diperhatikan dari atas. Pulau ini terlihat memiliki bentuk yang lebih abstrak daripada bentuk pulau lainnya.

Pulau Padar di sebuah selat bernama Selat Lintah yang memisahkan Pulau Rinca dengan Pulau Komodo. Berada di selat membuat ombak di pulau ini sangat kencang. Kamu harus bersiap merasakan goyangan di atas kapal ketika menuju pulau ini.

Fakta Pulau Padar
  • Terletak dekat dengan Pulau Rinca.

Pulau Padar terletak di antara Pulau Rinca dan Pulau Komodo. Saat kamu menuju Pulau Padar dan berangkat dari Labuan Bajo kamu akan melewati Pulau Rinca terlebih dahulu.

Apabila kamu ingin pergi ke Pulau Rinca dari Pulau Padar, akan lebih dekat. Jarak antara kedua pulau ini hanya menempuh sekitar 1,5 jam perjalanan. Sedangkan apabila kamu akan ke Pulau Komodo, kamu harus menempuh perjalanan selama 2 jam dari Pulau Padar.

  • Menjadi tempat pembuangan komodo.

Saat kamu berkunjung ke Pulau Padar, kamu harus berhati-hati, karena terdapat 7 ekor Komodo yang meninggali pulau ini. Konon, komodo ini berasal dari Pulau Komodo yang dibuang ke Pulau ini karena pernah menggigit wisatawan.

Seperti yang telah diketahui, komodo adalah jenis kadal yang termasuk ke dalam kategori hewan buas. Oleh karena itu, saat kamu berada di pulau ini, kamu bisa meminta tolong petugas untuk memandu  perjalananmu.

  • Warisan dunia UNESCO.

Pulau Padar sebagai salah satu pulau yang berada di Kawasan Taman Nasional Komodo telah ditetapkan sebagai bagian dari warisan dunia UNESCO. Hal ini telah dikukuhkan pada tahun 1991.

Jam Operasional dan Harga Tiket Pulau Padar

Jangan khawatir saat kamu menentukan kapan akan mengunjungi Pulau Padar karena pulau ini buka setiap hari 24 jam. Adapun harga tiket masuk ke kawasan wisata Pulau Padar adalah Rp.5000,- para wisatawan domestik.

Bagikan:
Previous

Keindahan Tersembunyi dari Pulau Osi

Mutiara di Tengah Hutan, Air Terjun Bihewa, Nabire

Next

Leave a Comment