Danau Kelimutu, Danau Mempesona Yang Wajib Kamu Kunjungi

| |

Danau Kelimutu adalah salah satu dari banyak keindahan alam di timur Indonesia  yang bisa kamu kunjungi. Destinasi wisata yang menakjubkan ini bisa kamu temukan di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Danau ini semakin menakjubkan karena berada di puncak gunung yang memiliki nama yang sama, Gunung Kelimutu.

Pada tanggal 26 Februari 1992, Danau eksotis ini masuk ke dalam Kawasan Taman Nasional Kelimutu. Taman nasional ini merupakan taman nasional terkecil di Kawasan Bali dan Nusa Tenggara. Tempat wisata ini berada di ketinggian 1.690 meter di atas permukaan laut. Kamu dapat melihat 3 buah kubangan atau kawah yang dimiliki danau ini. Setiap kawah memiliki warna berbeda.

Lokasi Danau Kelimutu

Danau menakjubkan ini terletak di Woloara, Kelimutu, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Untuk memulai rute, kamu akan menuju desa Monidari kabupaten Ende. Jarak antara kabupaten Ende ke desa Moni adalah 50 km. Dari Desa moni ke pintu masuk Kawasan Taman Nasional Kelimutu, kamu akan menempuh sejauh 15 km.

Pesona Warna Danau Kelimutu

Danau Kelimutu juga biasa disebut Danau Tiga Warna. Warna danau ini merupakan sebuah fenomena alam yang sangat indah. Hal ini karena danau ini memiliki 3 warna yang berbeda dan jarak satu sama lainnya berdekatan.

Warna air pada danau biasanya berwarna hijau, hitam dan coklat, akan tetapi terkadang danau ini juga memunculkan warna variasi lainnya. Tapi tahukah kamu? Saat peneliti mengambil air di danau ini, warna air dari ketiga danau memiliki warna yang sama.

Danau ini dikelilingi oleh tebing yang curam dan lawan longsor. Kamu dan para wisatawan lain harus menjaga keselamatan saat berkunjung di danau ini. Jagalah jarakmu dari tebing-tebing curam yang berbahaya. Ada baiknya kamu mengunjungi danau ini saat musim kemarau yaitu sekitar bulan Juni hingga Agustus.

Waktu terbaik untuk mendaki Gunung Kelimutu menuju danau ini adalah jam 2 hingga 3 pagi. Kamu bisa memulai perjalananmu dari desa terdekat yaitu desa Moni. Saat sampai di puncak, kamu bisa menikmati indahnya danau sambal melihat matahari terbit.  Sebuah pemandangan yang amat indah, kamu wajib untuk menyiapkan kamera untuk mengabadikan keindahannya.

Agar bisa berangkat dini hari untuk mendaki, maka kamu bisa menginap di penginapan yang banyak tersedia di desa Moni dan desa  terdekat lainnya.

Kawasan Taman Nasional Kelimutu merupakan habitat bagi beberapa jenis tumbuhan dan binatang. Kamu dapat menemukan beberapa binatang seperti burung hantu Wallacea, Kancil Flores, dan elang Flores dalam perjalanan mendaki maupun menuruni Gunung Kelimutu.

Danau Kelimutu, Danau Mempesona

Fasilitas Danau Kelimutu

Kamu tidak perlu khawatir untuk menemukan toilet atau mencari tempa makan karena Danau Kelimutu memiliki beberapa fasilitas seperti :

  • Area parkir
  • Gazebo
  • Toilet
  • Warung makan dan minum

Jam Operasional dan Harga Tiket Danau Kelimutu

Jam operasional tempat wisata ini adalah pukul 08.00 sampai dengan 17.00 dan buka setiap hari.

Bagikan:
Previous

Menarik! Inilah 5 Wisata di Pulau Lembeh

Pesona Keindahan Pantai Natsepa Ambon yang Melegenda

Next

Leave a Comment