[rank_math_breadcrumb]

Mengademkan Hati dan Pikiran Dengan Menikmati Pesona Lembah Baliem

| |

Punya cita-cita atau keinginan untuk bisa berkunjung ke Papua, tapi masih bingung mau ngapain dan ke mana saja? Catat beberapa tempat wisata mempesona yang bisa kamu kunjungi deh salah satunya adalah Lembah Baliem.

Ini Dia Informasi Mengenai Lembah Baliem

Mungkin beberapa dari kamu sudah familiar atau tahu dengan nama tempat wisata ini walaupun hanya dari penggalan lirik lagu milik Slank. Dari penggalan lagu tersebut sudah bisa tergambarkan bagaimana eksotisnya pemandangan lokasi wisata yang ada di Papua ini. Lokasinya yang ada di ujung timur Indonesia menjadikan tempat ini belum dikunjungi banyak wisatawan.

Lokasi

Alamat atau lokasi tempat wisata ini ada di Desa Wosolimo, Kabupaten Wamena, Papua.

Daya tarik

Banyak yang bilang khususnya para wisatawan yang pernah berkunjung bahwa tempat wisata ini adalah surga di bumi. Hal ini pastinya tidak berlebihan karena memang pemandangan dan suasana yang ditawarkan sangatlah mempesona. Dengan lokasi yang ada pada ketinggian 1600 mdpl menjadikan lembah ini memberikan sensasi udara bersih dan sejuk serta minim polusi dari kendaraan bermotor atau pabrik-pabrik.

Ada beberapa daya tarik yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke lembah eksotis tempat tinggal suku Dani ini seperti adanya festival pagelaran perang antara suku yaitu suku Dani, Yani, dan Lani, memiliki hamparan pasir putih tanpa adanya pantai, pesta bakar batu untuk memasak ubi atau babi, tradisi potong jari, dan masih banyak lagi.

Lembah Baliem

Beberapa daya tarik tersebut tidak terjadi atau dilakukan setiap hari tetapi saat hari-hari tertentu saja misalnya seperti festival yang dipertunjukkan pada bulan Agustus selama 3 hari berturut-turut atau lebih tepatnya saat peringatan hari kemerdekaan Indonesia dan pesta bakar batu yang dilaksanakan saat ada warga yang menikah, melahirkan, tasyakuran, pemakaman, serta antusiasme setelah berperang.

Harga Tiket

Untuk bisa menikmati segala pesona yang ada di tempat ini, kamu tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis. Biaya hanya digunakan untuk transportasi, makan, dan lain-lain.

Jam Operasional

Sementara jam operasionalnya, tempat wisata ini buka selama 24 penuh jadi kamu bisa nih berkunjung kapan saja.

Fasilitas

Jika ingin menginap kamu bisa memilih hotel, resort, atau yang lebih murah yaitu rumah warga sekitar (homestay).

Rute

Untuk bisa berkunjung ke lokasi ini dibutuhkan perjuangan dan tenaga yang cukup besar karena perjalanannya yang begitu panjang serta cukup melelahkan. Agar bisa sampai ke lembah maka harus melakukan beberapa transit pesawat. Hal ini pasti menjadi suatu pertimbangan tersendiri bagi para wisatawan yang berasal dari luar Papua.

Jika ingin berkunjung dan kamu berasal dari luar Papua maka harus naik pesawat kemudian mendarat di Kota Jayapura. Perjalanan selanjutnya diteruskan ke Wamena dengan naik pesawat. Setelah itu kamu bisa menggunakan transportasi umum berupa bus.

Sekadar informasi yang perlu diingat bahwa harga apapun di Papua itu cukuplah mahal. Dalam konteks ini kita berbicara mengenai bahan makanan maupun makanan siap saji. Hal ini dikarenakan transportasi untuk distribusi kebutuhan logistik ke Papua masih cukup sulit. Jadi sebelum berkunjung anggarkan atau siapkan dana yang sekiranya cukup untuk kebutuhan sehari-hari selama ada di sana.

Sekian informasi mengenai pesona salah satu lembah eksotis di Papua yang bisa kami sampaikan untuk kamu. Semoga bisa membantu terutama untuk yang berencana atau sedang ada di Papua tapi bingung mau berwisata ke mana. Jadi tertarikkah kamu dengan tempat wisata eksotis yang satu ini? Kalau tertarik yuk langsung cus ke lokasinya!

Bagikan:
Previous

Mutiara di Tengah Hutan, Air Terjun Bihewa, Nabire

Keindahan Goa Romo, Kalimantan Barat

Next

Leave a Comment