[rank_math_breadcrumb]

Mengintip 5 Keindahan Danau Toba, Sumatera Utara

| |

Kamu pasti sudah pernah mendengar nama Danau Toba, Sumatera Utara. Danau terbesar nomor 1 di Asia Tenggara ini menyimpan berbagai macam daya tarik lho. Bahkan menjadi prioritas bagi mereka yang belum pernah berkunjung ke sini, maupun yang sudah pernah kemari untuk berkunjung lagi dan lagi.

Kenapa? Karena destinasi ini menyuguhkan keindahan dan keunikan yang mungkin tidak kamu temukan di wisata lainnya. Apa saja itu? Simak berikut!

Mengenal 5 Keindahan Dan Keunikan Dari Danau Toba, Sumatera Utara

Mengutip dari berbagai sumber, Danau Toba menyuguhkan berbagai panorama yang mampu menghipnotis para pengunjung untuk datang lagi. Bagaimana bisa tidak, destinasi ini menawarkan keindahan yang sangat eksotis, mulai dari keindahan alam sampai dengan fakta unik lainnya, seperti:

  1. Merupakan Danau Vulkanik Terbesar Di Dunia

Siapa sangka, kalau Danau yang indah ini terbentuk dari erupsi gunung berapi yang terjadi sekitar 800.000 tahun lalu. Letusan gunung tersebut mengeluarkan materi letusan dan membuat lingkungan sekitar berubah jadi Danau. Uniknya, di dalam Danau itu terdapat sebuah daratan yang bernama pulau Samosir.

  • Pernah Meletus Sebanyak 3 Kali

Ternyata, dulu itu sebelum menjadi Danau yang indah ini, Danau Toba adalah gunung berapi supervulkan lho. Terdapat kantung magma besar di dalam gunung tersebut dan pernah meletus sebanyak 3 kali dalam waktu yang berbeda. Letusan yang terakhir sangat dahsyat dan terbentuklah Danau indah yang memiliki pulau besar di dalamnya.

  • Berada Di 3 Lempeng Tektonik

Sebagian besar dari wilayah Indonesia berada di kawasan 3 lempeng tektonik sekaligus. Salah satunya adalah pulau Sumatera. Lempengan tersebut pun terus bergeser di setiap tahunnya. Termasuk lempeng Eurasia yang berada di sebagian besar dari pulau-pulau di Indonesia.  Salah satunya adalah Danau Toba itu sendiri.

Keindahan Danau Toba, Sumatera Utara
  • Terdapat Ikan Batak, Sebuah Ikan Yang Hanya Di Danau Toba

Di Danau Toba ini terdapat ikan Batak yang tidak dapat ditemui di daerah lainnya. Hewan endemik tersebut termasuk ikan omnivora yang tinggal di perairan berairan deras. Namun, sayangnya ikan tersebut termasuk spesies ikan yang populasinya hampir punah. Salah satu alasannya karena ikan itu memiliki nilai ekonomi dan sosial yang tinggi.

Kalau kamu sendiri, sudah pernah lihat ikan Batak belum? Ikan ini hanya bisa kamu temui di Danau Toba ya!

  • Ada Danau Di Atas Danau

Betul sekali, ada Danau di atas Danau di Danau Toba ini. Jika kamu pernah mendengar ada pulau Samosir di tengah Danau cantik ini, maka kamu juga harus tahu kalau di pulau itu masih ada Danau lainnya. Namanya adalah Danau Sidihoni yang luasnya sekitar 5 hektar. Danau tersebut dikelilingi oleh bukit hijau yang landai dan banyak sekali pohon pinus yang tumbuh subur di sana.

Hanya saja, karena akses menuju ke Danau tersebut cenderung sulit, membuat wisatawan jarang datang ke sana. Sekalipun agak sulit, bukan berarti tidak bisa dihampiri ya. Buat kamu yang ingin berkunjung ke sana, tetap bisa datang kok.

Kawasan Di Sekitar Danau Yang Dikelilingi 12 Air Terjun

Bukan hanya di Danau Toba saja yang menarik perhatian. Sebab selain yang telah disebutkan di atas, objek wisata ini turut dikelilingi oleh 2 air terjun. Kamu pun bisa berkunjung ke destinasi tersebut tanpa harus move jauh-jauh dari kota ini.

Bicara soal daya tarik dari Danau Toba, Sumatera Utara memang tak perlu diragukan lagi. Tak heran jika destinasi ini banyak diprioritaskan oleh sebagian besar. Bagaimana dengan kamu?

Bagikan:
Previous

Melihat Keindahan Alam di Air Terjun Karmon, Biak

Namanya Benteng Amsterdam, Namun Letaknya Bukan di Belanda

Next

Leave a Comment