Taman Nasional Tanjung Puting Kalimantan Tengah Merupakan Surganya Orang Utan

| |

Taukah kamu jika Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah disebut-sebut sebagai ibukota orang utan di dunia. Di tempat ini terdapat konservasi orang utan terbesar di dunia. Populasi orang utan diperkirakan ada sekitar 30.000 sampai 40.000 ekor yang tersebar di taman nasional dan juga luar taman nasional.

Pada tahun, 1982 Taman Nasional Tanjung Puting ditunjuk sebagai cagar biosfer dengan luas area 415.040 ha. Selain sebagai pusat rehabilitasi orang utan di wilayah Indonesia, wilayah taman ini ternyata cukup luas karena meliputi wilayah Kecamatan Kumai di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kecamatan Hanau dan Kecamatan Seruya Hilir yang terletak di Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah.

Nah, mau tau info lebih lanjut tentang Taman Nasional Tanjung Puting langsung saja kita simak ulasan berikut ini ya!

Apa saja yang membuat Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah menarik untuk dikunjungi?

Taman Nasional Tanjung Puting dikelola Balai Taman Nasional Tanjung Puting, di mana termasuk unit UPT PHKA Kementrian Kehutanan.

Taman Nasional Tanjung Puting merupakan cagar biosfer sehingga kelestariannya dapat selalu terjaga dan hal ini menjadi daya tarik tempat wisata konservasi orangutan yang berbeda dengan tempat yang lainnya.

Di taman ini kita bisa melihat habitat serta kehidupan mereka secara langsung di alam liar. Ada beragam tipe ekosistem yang ada disini antara lain meliputi:

  • Ekosistem hutan hujan tropis
  • Ekosistem dataran rendah
  • Ekosistem hutan tanah kering
  • Ekosistem hutan rawa air tawar
  • Ekosistem mangrove
  • Ekosistem pantai
  • Ekosistem hutan sekunder

Taman ini berada dalam ketinggian 0-100 mdpl dan berfungsi sebagai habitat satwa endemic dan dilindungi. Adapun satwa-satwa yang dilindungi tersebut seperti orang utan, lutung merah, bekantan, kancil, kucing hutan dan beruang.

Selain itu terdapat juga 200 jenis burung, mamalia sekitar 38 jenis, hewan liar serta beberapa flora dan fauna  yang mendiami Taman Nasional Tanjung Putting.

Perlu kamu ketahui jika Sebagian besar pengunjung taman ini adalah wisatawan asing, dan hal ini yang menyebabkan masyarakat Pangkalan Bun dan Taman Nasional lebih meningkatkan pelayanan mereka terhadap para wisatawan asing.

Wisatawan bisa menyusuri sungai Sekonyer yang ada di dalam area taman dengan menggunakan kapal, sambil melihat monyet-monyet yang bergelantungan antara pohon satu ke pohon lainnya.

Tak hanya itu saja, di dalam Taman Nasional Tanjung Puting ini juga ada beberapa tempat menarik yang bisa kalian kunjungi. Adapun tempat-tempat tersebut antara lain:

Taman Nasional Tanjung Puting
Tanjung Puting pict by: kmstour
  1. Tanjung harapan

Lokasinya di kawasan hutan rawa dan hutan sekunder. Sehingga digunakan sebagai stasiun pertama dalam proses rehabilitasi orang utan yang dilengkapi dengan beragam fasilitas seperti pusat informasi, wisata tamu dan jalan trail.

  • Pondok tanggui

Disini biasa digunakan sebagai tempat observasi orang utan secara tertutup. Tujuannya adalah agar terhindar dari kontak dengan manusia secara langsung.

  • Sungai buluh dan danau burung

Pada tempat ini biasa difungsikan untuk melakukan pengamatan bagi burung, khususnya burung migran.

  • Camp lakey

Wilayah ini berada di hutan primer dan merupakan tempat bagi orang utan, mulai dari yang setengah liar sampai liar, serta dari yang baru dilahirkan sampai pada usia tiga tahun.

  • Natai lengkuas

Tempat menarik lainnya yang wajib kamu kunjungi saat di Taman Nasional Tanjung Puting adalah Natai Lengkuas. Tempat ini merupakan stasiun penelitian untuk bekantan serta pengamatan beragam satwa lainnya melalui sungai.

Penutup

Demikian informasi mengenai Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah yang telah kami sampaikan. Saran kami apabila kamu ingin berkunjung ke tempat ini sebaiknya antara bulan Juni-September.

Bagikan:
Previous

Wisata Negeri Atas Awan Bukit Khayangan, Kerinci, Jambi

Bukit Campuhan Wisata Menarik di Ubud Bali

Next

Leave a Comment