[rank_math_breadcrumb]

Mengintip Eloknya Danau Tahai, Kalimantan Tengah

| |

Bingung mau liburan kemana? Tak ada salahnya jika kamu berkunjung ke Danau Tahai, Kalimantan Tengah. Tempat ini merupakan ojek wisata unggulan yang ada di Kota Palangkaraya. Danau ini merupakan danau yang indah karena berasal dari air rawa.

Danau Tahai menawarkan pesona keindahan pemandangan yang ada di lingkungan sekitar. Tak hanya itu saja ada beragam wahana menarik yang bisa kamu nikmati di tempat ini.

Lokasi Danau TAhai itu di Ds. Tahai, Kel. Tumbang Tahai, Kec. Bukit Batu, Kotamadya Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Untuk menuju tempat ini kamu bisa menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari pusat kota Palangkaraya atau dengan jarak sekitar 30 km menuju arah daerah Sampit. Kamu bisa melihat melalui petunjuk arah untuk menuju danau ini yang tersedia di sepanjang jalur kota Sampit.

Mau tau info lebih lanjut tentang objek wisata yang satu ini, yuk simak ulasan berikut ini bersama-sama ya!

Asal usul Danau Tahai, Kalimantan Tengah

Taukah kamu jika Danau Tahai diambil dari bahasa Dayak yaitu Tahai  yang artinya danau. Sebagian orang mengatakan jika asal usul danau ini terbentuk karena adanya perubahan aliran Sungai Kahayan. Sehingga mengakibatkan genangan air dan terperangkap disini.

Lokasi Danau Tahai juga tak jauh dari aliran sungai Kahayan yang ada di Palangkaraya. Hal yang paling menarik dari tempat ini adalah warna air Danau Tahai tidak berwarna putih, biru ataupun hitam. Akan tetapi airnya justru berwarna merah. Warna merah tersebut terbentuk karena air tanah gambut dan akar-akar pohon yang ada di lahan gambut.

Fasilitas menarik di Danau Tahai

Ada beragam fasilitas menarik yang ada di Danau Tahai yang wajib kamu coba, antara lain yaitu:

  1. Jembatan kayu

Jika kamu ingin menghayati keindahan lebih dalam tentang Danau Tahai, kamu bisa berjalan-jalan berkeliling pada danau ataupun bantaran danau yang berupa hutan. Mungkin hal ini akan sedikit menantang, apabila dilakukan di danau lahan gambut seperti pada Danau Tahai ini.

Di lokasi ini hampir tak ada tanah keras, saat kalian akan menginjakkan kaki disini, kaki akan terhisap ke dalam tanah bahkan sampai 50 cm lebih. Meskipun hal itu tak separah lumpur sawah, akan tetapi tetap saja sangat menyulitkan dan membuat rasa tak nyaman saat melakukan perjalanan seperti itu saat kamu melakukan kunjungan wisata di tempat ini.

Danau Tahai
Danau Tahai pict by: berjalanjalan

Nah untuk mengatasi hal itu, pihak pengelola menghadirkan solusi cerdas yaitu dengan membangun jembatan kayu yang panjangnya menjalar hingga mengelilingi kawasan danau. Bahkan pada beberapa bagiannya menjorok masuk ke dalam hutan yang ada di sekitar danau.

  • Rumah apung lanting

Rumah-rumah ini merupakan rumah apung yang dibangun oleh masyarakat sekitar yang tinggal di sekitar danau. Rumah ini dibangun dengan desain yang unik dan menyelipkan unsur tradisional di dalamnya yang merupakan bagian dari fasilitas wisata.

Tak hanya digunakan sebagai tempat beristirahat saja, rumah ini juga kerap dijadikan sebagai tempat spot foto bagi para pengunjung. Rumah ini merupakan bagian dari masyarakat sekitar yang biasa beradaptasi di lingkungan sungai.

  • Perahu

Untuk menikmati keindahan danau kamu bisa mengelilingi danau dengan menggunakan perahu. Karena danau ini merupakan danau lahan gambut, airnya berwarna merah, serta dasar danau yang tak jelas, maka para pengunjung tidak disarankan untuk berenang pada area ini.

Oleh sebab itu pengelola menyediakan fasilitas perahu besar dan kecil yang bisa digunakan untuk menjelajahi danau Tahai.

Itulah sedikit gambaran tentang keindahan Danau Tahai, Kalimantan Tengah. Untuk menemukan hal menarik lainnya yang ada di danau ini kamu bisa datang langsung ke tempat ini.

Bagikan:
Previous

Wisata Religi Yang Penuh Dengan Sejarah Di Masjid Raya Baiturrahman, Aceh

Taman Rekreasi Selabintana Sukabumi, Tempat Wisata Legendaris Yang Tak Pernah Sepi

Next

Leave a Comment