Pesona Taman Nasional Lorentz yang Membuatmu Ingin Mengunjunginya

| |

Tahukah kamu bahwa ada banyak sekali taman nasional di Indonesia, dan salah satunya adalah Taman Nasional Lorentz di Papua? Mungkin ketika kamu kecil, kamu lebih sering mendengar taman nasional yang terletak di pulau Jawa. Nyatanya, taman nasional yang terletak di luar pulau Jawa juga tidak kalah menakjubkannya dengan taman nasional di Jawa.

Ya, taman nasional yang terletak di Papua Barat ini memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa. Tak perlu lelah-lelah mengunjungi seluruh dunia, hampir spesies langka flora dan fauna ada di Taman Nasional Lorentz. Taman nasional satu ini bahkan dinobatkan menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO 1999.

Selain melihat hewan dan tumbuhan langka, kamu juga bisa melihat pemkamungan sekitar taman nasional yang indah. Jika kamu tertarik untuk mengetahui tentang Taman Nasional Lorentz lebih lanjut, kamu dapat melihat penjelasan di bawah ini.

Lokasi Taman Nasional Lorentz

Untuk sampai ke Taman Nasional Lorentz, kamu dapat menggunakan kapal atau pesawat. Jika kamu bepergian dari luar Papua, kamu dapat mengatur keberangkatan menuju bkamura di Wamena, Biak, atau Jayapura. Namun jika kamu berada di Papua, kamu dapat menggunakan perahu untuk menyebrangi daratan dan motor atau mobil untuk menuju ke gerbangnya.

Apabila ini pertama kali kamu berkunjung ke Taman Nasional Lorentz, kami merekomendasikanmu untuk pergi menuju Bandara Wamena. Setelah sampai sana, kamu bisa langsung menyewa mobil untuk ke Taman Nasional Lorentz. Jika kamu memang masih belum paham, jangan sungkan untuk bertanya arah pada petugas yang menjaga.

Pesona Taman Nasional Lorentz

Melihat Berbagai Fauna di Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz sendiri dikenal sebagai taman nasional terbesar se-Asia Tenggara. Luas TN Lorentz kurang lebih 34 kali lipat dari Jakarta. Dengan luas tersebut, berbagai macam ekosistem terdapat di TN Lorentz. Mulai dari tropis, hutan hujan, padang rumput, rawa, semuanya lengkap di TN Lorentz.

Sehingga, tidak heran banyak satwa langka yang berada di dalamnya. Sebut saja kangguru pohon, beo pesquet, cendrawasih elok yang merupakan hewan endemik dan ikon fauna dari TN Lorentz. Terdapat juga spesies baru mamalia yang ada di TN Lorentz, menunjukkan begitu beragamnya fauna yang hidup di dalamnya.

Memandang Eksotisme Lembah Baliem

Kalau kamu memandang dengan cukup jauh, kamu akan melihat lembah yang berbentuk seperti pemukiman. Ya, lembah tersebut adalah Lembah Baliem dan merupakan tempat tinggal Suku Dani. Lembah Baliem juga merupakan tempat di mana Festival Baliem, yaitu perayaan acara perang antarsuku berlangsung.

Berkenalan dengan Suku Asli Papua

Di Taman Nasional Lorentz, terdapat beberapa suku asli Papua yang bertempat tinggal di sana. Suku Asmat, Suku Nduga, Suku Amume, Suku Dani adalah beberapa suku yang menempati kawasan Taman Nasional Lorentz. Bagi kamu yang ingin berkenalan dengan suku asli Papua, kamu bisa melakukannya di Taman Nasional Lorentz.

Sembari berkenalan dengan mereka, kamu juga bisa melihat kerajinan tangan yang mereka buat. Festival perang antarsuku juga tak kalah menarik untuk dinantikan. Dengan begitu, kamu masih bisa menyaksikan budaya Indonesia yang masih dilestarikan.

Dengan melihat keanekaragaman yang terhampar di sekitar Taman Nasional Lorentz, siapapun tidak akan tahan untuk mengabaikan pesonanya. Para peneliti yang datang berkunjung ke Taman Nasional Lorentz sekalipun pasti setidaknya akan mengagumi keindahan alam Papua.

Walaupun lingkup tamannya sangat luas, Pemerintah menetapkan beberapa titik yang dapat diakses oleh para pengunjung. Sehingga, pengunjung juga tidak akan terlepas dari jangkauan yang sudah ditentukan di Taman Nasional Lorentz.

Bagikan:
Previous

Serunya Bermain Surfing Hingga Wisata Golf Di pantai Lhoknga, Aceh

Wisata Paket Lengkap di Taman Nasional Meru Betiri, Jember Banyuwangi

Next

Leave a Comment