Menengok Jernihnya Air Danau Uter, Kabupaten Maybrat

| |

Di penjuru Indonesia, ada beberapa danau yang airnya sangat jernih dan salah satu diantaranya ialah Danau Uter, Kabupaten Maybrat. Walaupun masih belum begitu terkenal seperti Raja Ampat atau tempat wisata lainnya di Papua, Danau Uter termasuk destinasi wisata yang berpotensi untuk dikembangkan.

Dibanding dengan tempat wisata lain di Papua, Danau Uter cukup mudah dijangkau. Dengan kendaraan bermotor untuk melewati hutan-hutan dan perkebunan milik warga, kamu sudah bisa merasakan danau yang sejuk. Selain itu, kamu bisa langsung melihat air yang tembus pkamung dan melihat ekosistem di dalam danau.

Apakah kamu tertarik untuk mengunjungi Danau Uter? Kalau begitu, kamu bisa mengetahui cara menuju Danau Uter dan keindahan yang ada di sekitar Danau Uter dengan membaca penjelasan yang sudah kami sediakan khusus untukmu di bawah ini.

Cara Menuju Danau Uter, Kabupaten Maybrat

Danau Uter terletak di Papua Barat, tepatnya di Distrik Aitinyo. Kampung Sris merupakan tempat dimana Danau Uter mengalir. Untuk dapat menginjakkan kaki ke Danau Uter, kamu perlu melakukan perjalanan udara dan darat yang cukup lama. Walau jalannya menuju hutannya masih bisa ditolerir, kamu perlu menyiapkan keperluan perjalanan agar senantiasa sehat.

Apabila kamu berasal dari Sorong, kamu bisa langsung pergi ke Distrik Aitinyo untuk melihat Danau Uter. Namun jika kamu berasal dari luar Papua, kamu bisa mengatur keberangkatan ke Bkamura Kambuaya. Setelahnya, kamu bisa menuju ke Danau Uter menggunakan motor atau mobil dengan waktu 1 jam.

Berenang di Danau Uter yang Jernih dan Segar

Ketika kamu sudah sampai di dekat danau, kamu bisa menuju ke danau dengan melewati jalan yang sudah disediakan oleh pemerintah setempat. Jika kamu melihat air jernih berwarna hijau dan tempat pemandian, itu artinya kamu sudah sampai di Danau Uter. Di sana, kamu bisa berenang di air yang luar biasa jernih.

Saking jernihnya, kamu akan melihat bayanganmu sendiri di permukaan air. Ikan-ikan juga akan terlihat dengan mata kepalamu sendiri. Pemkamungan di Danau Uter persis seperti akuarium besar yang kita sering lihat di kota-kota besar. Bedanya, Danau Uter merupakan akuarium alami dan merupakan bagian dari keindahan alam Papua Barat.

Menikmati Danau Uter Sambil Menaiki Perahu Kecil

Selain berenang, kamu juga bisa melihat keindahan Danau Uter dengan perahu kecil. Memang, hanya penduduk asli yang memilikinya. Tetapi ada juga masyarakat sekitar yang sukarela meminjamkan atau menyewakannya kepada wisatawan yang ingin menikmati pemkamungan Danau Uter.

Mengamati Vegetasi Danau Uter

Di Kampung Sris, mereka menyebut vegetasi atau pepohonan kecil dengan sebutan Bomira. Bomira yang ada di dekat Danau Uter sebagian besar tertanam di bukit kapur yang bersambung satu sama lain. Sembari menikmati air jernih dari Danau Uter, kamu bisa melihat vegetasi sekeliling sambil sesekali memotretnya.

Tidak heran jika Danau Uter dinobatkan sebagai danau terjernih dan danau terbersih yang ada di Indonesia. Airnya memang sangat tembus pkamung tanpa sampah sekalipun. Kamu bahkan bisa melihat ikan-ikan yang berenang bersamamu di Danau Uter.

Danau Uter juga dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Rumputnya juga rapih dan terawatt dengan baik. Walaupun terletak di ujung Indonesia, kamu pasti tidak akan menyesal datang ke Danau Uter. Berkunjung ke Danau Uter, Kabupaten Maybrat akan menjadi pengalaman menyenangkan bagimu seumur hidup.

Bagikan:
Previous

BUKIT WAIRINDING DI SAVANA SUMBA YANG MEMPESONA

Rekomendasi Wisata Sungai Kampar Riau dan Sekitarnya

Next

Leave a Comment