[rank_math_breadcrumb]

Variasi Aktivitas yang dapat dilakukan di Kepulauan Padaido, Biak

| |

Kepulauan Padaido, Biak adalah satu dari sekian banyak tempat wisata kepulauan yang harus kamu kunjungi setidaknya sekali seumur hidup. Airnya yang jernih, lingkungan yang asri merupakan tempat yang sangat sempurna bagi kamu yang ingin pergi sementara dari padatnya kesibukan dan hiruk pikuk dunia kerja yang melelahkan.

Bermodalkan tiket pesawat dan akomodasi perahu bermotor untuk menyebrang melewati lautan, kamu sudah bisa bermalam di Kepulauan Padaido. Kamu juga bisa melihat luasnya lautan ketika mengendarai perahu bermotor tanpa perlu takut tenggelam karena ke dalamnya hanya sampai mata kaki saja.

Ada banyak sekali hal yang kamu bisa lakukan di Kepulauan Padaido. Karena berbentuk kepulauan, atraksi alam yang disuguhkan juga beragam. Untuk mengetahuinya secara lebih jelas, kamu dapat membaca penjelasan yang telah kami sediakan khusus untukmu di bawah ini.

Perjalanan Menuju Kepulauan Padaido, Biak

Kepulauan Padaido berada di Biak Numfor, tepatnya berlokasi di antara dua distrik bernama Padaido dan Aimando. Dari kedua distrik ini, wilayah Kepulauan Padaido tersebar. Ada yang di Aimando, ada juga yang Padaido. Walau begitu, kondisi alamnya tetap sama. Wilayah yang terbagi sendiri merupakan hasil dari pergerakan tektonik yang telah terjadi.

Untuk menuju ke Kepulauan Padaido, kamu harus menaiki speedboat. Baik wisatawan luar Papua atau dari Papua, hanya ada transportasi perahu bermotor untuk sampai ke kepulauan yang terletak di bibir samudra. Titik keberangkatannya berada di Bosnik dan waktu yang dibutuhkan untuk sampai Kepulauan Padaido sekitar 1 – 3 jam.

Kepulauan Padaido
Kepulauan Padaido

Berbincang dengan Masyarakat Asli Kepulauan Padaido, Biak

Walaupun jauh dari perkotaan Papua itu sendiri, Kepulauan Padaido dihuni oleh beberapa orang asli Padaido. Kamu bisa bertanya banyak hal dengan masyarakat asli Padaido. Mereka sangat terbuka untuk orang yang ingin menikmati keindahan pulaunya dan mempelajari keragaman hayati Kepulauan Padaido.

Masyarakat Padaido juga dikenal memiliki tradisi sasi, dimana ada beberapa biota laut yang tidak boleh diambil secara adat. Ketika mereka sedang tidak melaut, mereka akan mengambil kopra sebagai sumber daya alam yang mereka gunakan. Dengan menjaga biota laut, mereka percaya bahwa Padaido akan senantiasa lestari sampai kapanpun.

Mengobservasi Biota Laut

Air pantainya yang jernih membuatmu bisa melihat banyak biota laut berkeliaran di pantai-pantai Kepulauan Padaido. Salah satu biota laut yang terkenal di Kepulauan Padaido adalah penyu belimbing atau penyu sisik. Selain penyu, Kepulauan Padaido juga memiliki 155 jenis ikan, 95 spesies koral, 90 jenis terumbu karang, dan beberapa jenis mangrove.

Bermain di Pasir Pantai yang Putih

Percaya atau tidak, pasir pantai Kepulauan Padaido sangat berbeda dengan pantai lain. Jika biasanya pantai lain memiliki pasir yang sedikit berbentuk, tidak halnya dengan pantai di Kepulauan Padaido. Pasirnya sangat lembut. Ketika kamu menggenggamnya, kamu tidak akan merasakan butiran kasar yang ada di pasir tersebut.

Untuk bisa berlibur ke Kepulauan Padaido, kamu memang membutuhkan cukup banyak akomodasi. Terlebih, akomodasi transportasi yang mengharuskan kamu menyebrang dari daratan satu ke daratan lainnya.

Namun, semua itu pasti terbayar dengan keindahan alam yang Kepulauan Padaido tunjukkan saat kamu sampai di sana. Pengalaman tersebut akan menjadi memori yang akan terkenang 5 hingga bahkan 20 tahun lagi di masa hidupmu. Jika memang kamu punya kesempatan untuk pergi ke Kepulauan Padaido, Biak, kamu harus memanfaatkannya dengan baik.

Bagikan:
Previous

Pantai Oesapa, Pantai Hits di Kota Kupang Nusa Tenggara Timur

Berwisata ke Pantai Gili Air Membuat Mood Lahir Kembali

Next

Leave a Comment