[rank_math_breadcrumb]

Danau Cantik yang Menarik Perhatian, Danau Sentani

| |

Danau Sentani sepertinya bukan lagi menjadi lokasi wisata dari tanah Papua yang asing untuk kamu dengar. Negeri Papua sudah dikenal memiliki wisata alam yang kencantikannya terkenal sampai ke luar negeri. Banyak yang dengan sengaja mengunjungi Papua untuk melihat langsung bagaimana kecantikan yang banyak diperbincangkan orang-orang.

Danau ini terkenal dengan danau terbesar yang ada di Papua. Kamu akan dimanjakan dengan keindahan danau yang amat luas ini, apalagi jika kamu penggemar pemandangan matahari terbenam. Kamu harus bertahan seharian untuk bermain air dan ditutup dengan pemandangan langit jingga di negeri Papua ini.

Letak dan Keunggulan Danau Sentani

Lokasi danau ini pada bagian bawah dari lereng pegunungan Cagar Alam Cyclops, membentang antara Kab. Jayapura dan kota Jayapura.

Danau ini memiliki kedalaman sampai 52 meter, dan luas total mencapai 245.000 hektar. Dengan angka yang sebanyak itu, danau ini menduduki peringkat danau terbesar yang ada di Papua. Danau ini memiliki banyak pulau-pulau kecil yang mengelilinginya. Ada sebanyak 22 buah pulau yang menghiasi kecantikan danau ini.

Ada 14 sungai yang menjadi sumber air bagi danau ini, seperti salah satunya sungai Jafuri dan juga sungai Tami. Keragaman jenis ikan yang ada di danau ini pun sangat banyak. Setidaknya ada 30 spesies ikan dengan habitat di air tawar. Di sana juga ada beberapa jenis ikan endemik yang dipertahankan, yaitu di antaranya ada ikan gabus Sentani atau Oxyeletris heterodon, ikan pelangi Sentani atau Chilatheria sentaniensis, ikan pelangi merah atau Glossolepis incisus dan ikan hiu gergaji atau pritis microdon.

Ada juga jenis kerang yang hidupnya berada di pinggiran danau dengan kedalaman air 1 sampai 3 meter dengan kondisi tanah yang berlumpur. Kerang ini disebut kerang felle oleh masyarakat sekitar, dan biasa dikonsumsi sebagai lauk sehari-hari.

Fasilitas yang Disediakan untuk Menikmati Keindahan Sentani

Kamu yang mengunjungi danau ini bisa menikmati pemandangan danau dengan bersantai atau bermain air seperti berenang, bersampan, menyelam, memancing, bermain ski air ataupun bersantai dengan menikmati wisata kuliner yang ada di sekitar danau. Kamu bisa mencicipi  makanan khas Papua atau juga kuliner ikannya yang mengambil langsung dari danau.

Lalu, jika kamu berkeliling di sekitar danau dengan menggunakan perahu, kamu bisa mampir ke salah satu pulau yang terkenal di sana, yaitu pulau Asei. Kamu bisa membeli oleh-oleh khas daerah sana untuk kerabat di rumah. Banyak kerajinan tangan yang dibuat dengan keterampilan masyarakat sekitar untuk menambah pemasukan. Salah satu contoh kerajinan tangan yang paling terkenal adalah Noken, yaitu tas asli Papua. Ada juga souvenir kulit kayu bermotif unik, batik asli Papua, kaos-kaos bertuliskan Papua, dan juga barang-barang lain yang bisa kamu jumpai di sana.

Bukit Teletubbies yang menjadi sebuah nama bukit di sana menjadi lokasi favorit para wisatawan untuk menikmati keindahan matahari terbenam atau sunset. Kamu yang ahli mengambil gambar akan sangat puas dan dimanjakan di sana karena matahari akan melewati pulau-pulau dan memantulkan cahayanya ke perairan. Nuansa siluet dengan berfokus ke warna jingga dari penampakan akhir matahari akan sangat indah dinikmati di pulau ini.

Kamu juga bisa naik ke salah satu tuju di bukit sana, yaitu tugu bernama MacArthur yang akan semakin memperjelas pemandangan keindahan dari atas. Demikian keindahan yang dapat dideskripsikan dari Danau Sentani. Jangan lupa berkunjung!

Bagikan:
Previous

Pesona Keindahan Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah

Bergembira Menikmati Suasana Taman Pattimura

Next

Leave a Comment