Danau Paniai, Danau Terindah Dunia yang Ada di Papua

| |

Pernahkah kamu mendengar tentang Danau Paniai ini? Jika belum, dan kamu berencana untuk mengunjungi daratan Papua maka kamu wajib membaca artikel ini.

Pulau Papua memang sudah mulai dikenal keindahan alamnya beberapa tahun akhir-akhir ini. Raja Ampat menjadi lokasi favorit yang diincar para wisatawan dari luar pulau karena keindahannya. Hal ini menjadikan pulau Papua banyak dikunjungi dan dikenal oleh masyarakat luar bahkan dari luar negeri sendiri.

Ada banyak lokasi wisata yang sekarang menjadi keunggulan Papua. Selain itu, negeri Papua ini juga menyimpan banyak permata yang tersembunyi sehingga mendapati julukan ‘Tanah Mutiara Hitam’.

Lokasi Danau Paniai

Jika kamu ingin mengunjungi dan menikmati kecantikan danau ini, kamu bisa datang ke Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai, Papua. Kamu tidak perlu membayar biaya tiket masuk karena tidak dipungut biaya. Kecuali apabila kamu menggunakan fasilitas-fasilitas yang disediakan seperti menaiki perahu untuk berkeliling danau.

Apa yang Menarik dari Danau ini?

Danau ini tak kalah indah dari Raja Ampat yang memamerkan keindahan laut dengan bukit-bukit yang menambah kecantikannya. Danau ini juga sangat hijau dengan perbukitan yang mengelilinginya, dengan air danau yang sangat biru dan jernih.

Danau ini masuk ke dalam danau yang berada di dataran tinggi, yaitu dengan ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut. Dengan letaknya itu, danau ini memiliki suhu yang sangat sejuk dan tidak gersang karena tebing-tebingnya yang banyak pepohonan.

Danau Paniai, Danau Terindah Dunia yang Ada di Papua

Ada juga suku asli Papua yang tinggal di sekitar danau, lho. Namanya adalah suku Mee dan suku Moni yang bisa kamu saksikan keragaman budayanya. Beragam jenis ikan pun hidup di air danau ini, seperti ikan nila, mujair, ikan mas, dan ikan sembilan hitam yang habitatnya merupakan air tawar. Udang selingkuh yang merupakan udang endemik yang sangat dipertahankan pun bisa juga kamu temui jika beruntung.

Ikan-ikan ini biasa dipanen dengan cara tradisional oleh para nelayan di sekitar. Kamu yang berkunjung dan berminat untuk membawa pulang ikan sebagai oleh-oleh bisa datang dengan membawa alat pancing atau sekadar membelinya dari masyarakat sekitar dengan keadaan yang masih segar. Jika kamu memilih untuk mendapatkannya secara langsung, kamu bisa memancing dengan menikmati langsung pemandangan yang amat cantik atau bisa juga menyewa perahu untuk memancing ikan.

Lalu, untuk membuktikan kecantikannya, danau ini pernah diadakan konferensi dengan mengundang 158 negara di tahun 2007. Dan keputusannya adalah bahwa mereka menyetujui danau ini merupakan danau tercantik yang ada di dunia. Tidak diragukan lagi kecantikannya yang mengharuskan masyarakat Indonesia melihatnya secara langsung.

Kamu yang berkunjung, bisa berkeliling dengan perahu yang disediakan di sana dan mengintip kejernihan airnya. Menyaksikan ikan-ikan yang hidup di dalamnya yang apabila beruntung bisa kamu lihat. Danau ini memiliki kedalaman 47,6 meter dengan lokasi terdalam ada di Obano. Pantas sekali banyak ikan yang hidup di sana, ya.

Dengan banyaknya perbukitan hijau mengelilingi danau, kamu bisa memotret pemandangan danau ini di siang hari agar bisa melihat hijaunya alam dan birunya danau secara bersamaan. Sedangkan jika di sore hari, kamu bisa menyaksikan matahari terbit di antara bukit-bukti itu dengan semburat jingganya yang memantul ke permukaan air danau.

Jadi jika berkunjung ke Papua, jangan lupa mampir ke Danau Paniai, danau indah yang sudah diakui oleh 158 negara.

Bagikan:
Previous

Wisata Fauna di Ubud Monkey Forest Bali

Pantai Oesapa, Pantai Hits di Kota Kupang Nusa Tenggara Timur

Next

Leave a Comment