[rank_math_breadcrumb]

Wisata Air Terjun Gunung Bintan, Kepulauan Riau

| |

Siapa bilang Kepulauan Riau hanya dikenal melalui pantainya yang indah. Nyatanya kawasan ini juga punya sejumlah destinasi wisata menarik. Misal saja Air Terjun Gunung Bintan, Kepulauan Riau.

Objek wisata ini sendiri berada tepat di Kampung Bekapur, juga masuk dalam Desa Bintan Buyudi Kecamatan Teluk Bintan. Sementara air terjunnya masuk di dalam kawasan Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan Riau.

Jika menilik sejarah, pulau Bintan adalah kawasan pemerintah sekaligus administrasi dari Kepulauan Riau serta ibu kotanya, Tanjung Pinang. Pulau ini sendiri terbilang unik karena objek wisata yang terbilang lengkap.

Sebut saja Gunung Bintan, yang merupakan pegunungan pendakian yang menjadi rekomendasi para pendaki.

Air Terjun Gunung Bintan, Kepulauan Riau

Sudut yang paling dicari di Gunung Bintang adalah air terjun. Tak heran, jika kawasan ini selalu ramai didatangi pengunjung karena bisa ditemui di kaki gunung. Menariknya, Anda tak hanya perlu mendaki melainkan menikmati semilir angin dan sejuknya air terjun di sekitar.

Tak hanya bagi warga setempat, air terjun ini juga tak asing bagi warga Pulau Batam serta Pulau Bintan. Air terjunnya yang jernih dan dingin akan membuat siapapun rileks sekaligus menyegarkan diri di daerah tersebut.

Rute ke Air Terjun Gunung Bintan

Untuk menyambangi Gunung Bintan, Anda perlu menempuh jarak setidaknya 53 km dari Kota Tanjung Pinang. Anda bisa menyewa taksi atau menggunakan kendaraan pribadi.

Idealnya, waktu tempuh yaitu 1 jam dari pusat kota. Sedangkan untuk melihat air terjun Anda masih harus berjalan setidaknya 300 meter. Jangan khawatir soal fasilitas karena kawasan wisata ini punya lahan parkir cukup luas, jalan setapak serta area peristirahatan.

Air terjun bisa dilihat hanya dengan jalan kaki setidaknya 15 menit. Maka lebih baik untuk membawa persediaan air minum karena Anda harus menaiki tangga cukup lama.

Tiket Masuk Air Terjun Gunung Bintan, Kepulauan Riau

Untuk menikmati pemandangan air terjun, Anda hanya perlu merogoh biaya sebesar Rp 10.000 per orang dewasa. Sementara anak-anak tidak dibebankan biaya atau gratis. Jangan khawatir lelah, karena Anda akan melihat hutan dengan pepohonan hijau.

Air terjunnya memang tak tergolong tinggi, karena hanya 7 meter. Meski begitu, keindahan alamnya masih sangat terjaga. Di sisi lain, Gunung Bintan juga termasuk dalam kawasan hutan lindung hingga memiliki sejumlah ekosistem hewan serta tumbuhan yang sangat dijaga kelestariannya. Hal ini pula, yang membuatnya kian menarik untuk dikunjungi.

Sebagai negara beriklim tropis, Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak destinasi wisata. Setiap objek wisata tersebut, juga punya daya tariknya masing-masing termasuk juga Air Terjun Gunung Bintan, Kepulauan Riau dengan ragam keindahan yang tersimpan.

Tips Wisata di Air Terjun Gunung Bintan

Jika Anda berminat mengunjungi air terjun ini, ada beberapa tips wisata yang harus diperhatikan.

  1. Gunakanlah peta lokasi dari air terjun yang bakal dikunjungi. Ini akan membantu Anda untuk tak tersesat sepanjang perjalanan.
  2. Berhati-hati saat mengikuti jalan setapak karena kawasan yang basah. Anda akan selalu menemui jalan licin yang berlumur, untuk itu perhatikan setiap langkah Anda.
  3. Jangan berdiri di bawah kucuran air terjun. Berfoto atau berdiri tepat di bawah air terjun tidak direkomendasikan, ini karena kemungkinan batu atau kayu jatuh dari atas cukup besar.

Itulah ulasan Air Terjun Gunung Bintan, Kepulauan Riau yang bisa menjadi referensi bagi Anda dalam memilih tujuan liburan di akhir pekan.

Bagikan:
Previous

Rekomendasi Wisata Sungai Kampar Riau dan Sekitarnya

Pesona Curug Cikaso, Sukabumi Yang Memanjakan Mata

Next

Leave a Comment