[rank_math_breadcrumb]

Pesona Tersembunyi Danau Singkarak, Sumatera Barat

| |

Sumatera Barat, tak cuma punya makanan khas dengan cita rasa nikmat. Objek wisatanya, juga tak kalah menarik jika dibandingkan dengan daerah lainnya. Danau Singkarak, Sumatera Barat misalnya yang menjadi danau terluas kedua di Indonesia setelah Danau Toba.

Sepanjang mata memandang, Anda akan melihat hamparan danau terbentang lengkap dengan bukit hijau yang luas. Nah, jika Anda tertarik menjadikan Danau Singkarak sebagai objek wisata selanjutnya, berikut ini ulasannya.

Rute Menuju Danau Singkarak, Sumatera Barat

Danau Singkarak Sumatera Barat berada di Kabupaten Solok sekaligus Tanah Datar, dan berjarak lebih dari 70 kilometer dari pusat Kota Padang. Apabila Anda berangkat melalui rute Solok, maka membutuhkan waktu setidaknya dua jam perjalanan menuju kawasan ini. Sementara jika menggunakan rute Padang Panjang maka butuh waktu lebih lama yakni satu jam.

Fasilitas Danau Singkarak

Soal fasilitas, objek wisata ini sebenarnya cukup memadai bagi para pelancong. Anda bahkan bisa menemukan pelbagai jenis penginapan di sepanjang tepi danau yang melintang. Tarifnya sendiri beragam, yakni berkisar Rp 100.000 hingga Rp 1 juta per malam.

Harga tersebut tentu bisa Anda sesuaikan dengan biaya yang dimiliki. Untuk makanan, Anda juga bisa memilih restoran atau cafe yang tersedia cukup lengkap di sini. Jadi tak perlu khawatir jika Anda tak sempat menyiapkan makanan dari rumah

Mulai dari santapan tradisional hingga modern bisa Anda jadikan pilihan makanan dengan orang-orang terdekat.

Pesona Tersembunyi Danau Singkarak
pict by dolanyuk

Panorama Alam Danau Singkarak

Seperti wisata alam lainnya, daya tarik utama dari Danau Singkarak adalah panorama alamnya yang menjanjikan. Apabila Anda ingin mengelilingi danau ini pun cukup mudah, karena berada tepat di tepi jalan raya. Meski belum terdapat spot foto yang khusus, Anda bisa melihat pemandangan indah di pelbagai sudut danau.

Selain menikmati pemandangan, terdapat banyak kegiatan tambahan yang bisa Anda lakukan. Sebut saja berenang, memancing di tepian danau atau bahkan bercengkrama dengan nelayan setempat. Seluruhnya, akan sangat menyenangkan dilakukan sendiri maupun bersama orang-orang terdekat.

Rally Sepeda Kelas Dunia

Selain wisata alam, Danau Singkarak juga dikenal karena memiliki arena balap sepeda tour yang berstandar internasional. Hal ini muncul lantaran dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif level internasional beberapa waktu lalu.

Bahkan, Amaury Sport Organization selaku penanggungjawab Tour de France berhasil membangun arena dengan kualitas terbaik. Tour digelar pertama kali pada 2009 lalu, yang kemudian rutin diadakan sampai saat ini.

Umumnya, pagelaran dihelat antara bulan April sampai Juni melalui tujuh etape yang berbeda. Jika beruntung, Anda Bisa menyaksikan langsung kompetisi internasional sekaligus melihat keindahan Sumatera Barat lengkap dengan kebudayaannya.

Ikan Bilih yang Unik

Pernah mendengar ikan bilih? Ini adalah jenis ikan yang hidup di dalam Danau Singkarak, Sumatera Barat. Selain itu, terdapat setidaknya 19 jenis ikan yang hidup di sungai tersebut. 

Ikan bilih sendiri merupakan yang paling menarik, sekaligus paling dicari para pelancong karena merupakan jenis ikan yang cuma bisa hidup di sini. Maka tak heran jika ikan bilih sering ditangkap dan dijual oleh nelayan setempat, bahkan diolah menjadi lauk.

Bilih sendiri memiliki karakteristik unik karena bisa hidup pada perairan Singkarak. Sebelumnya, banyak yang mencoba mengembakbiakkannya di luar Singkarak meski gagal pada akhirnya.

Masyarakat sekitar sendiri kerap menjadikan ikan bilih sebagai santapan baik goreng, maupun makanan olahan dan oleh-oleh khas. Ini adalah buah tangan yang paling khas dari Danau Singkarak Sumatera Barat.

Bagikan:
Previous

Keindahan Tanah Papua, Pantai Bosnik dengan Pasir Putihnya!

Tempat Wisata Bersejarah, Benteng Belgica di Maluku

Next

Leave a Comment