[rank_math_breadcrumb]

Keindahan Goa Romo, Kalimantan Barat

| |

Goa Romo, Kalimantan Barat merupakan salah satu goa yang eksotis. Jika kamu berkunjung ke Kalimantan Barat, maka sempatkan untuk berwisata ke goa ini. Apa saja yang bisa dinikmati di Goa Romo? Yuk, kita intip keindahan yang dimiliki!

Goa Romo, Kalimantan Barat

Goa Romo berada di Desa Sejajah, sehingga masyarakat sekitar juga sering menyebutnya dengan Goa Sejajah. Selain itu, goa ini juga sering disebut Goa Kelelawar karena dihuni oleh kelelawar dan burung wallet. Tapi jangan khawatir, kelelawar yang ada di goa ini merupakan jenis herbivora dan tidak akan mengganggu pengunjung.

Saat berkunjung ke tempat wisata Goa Romo, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan hutan alamnya yang masih asri. Begitu juga apa yang ada di dalam goa, keindahannya yang dimilikinya masih sangat alami. Saat menyusuri goa, kamu akan bisa melihat berbagai keunikan yang ada di dalamnya.

Goa yang Terang

Jika kebanyakan goa di Indonesia memiliki ruang gelap tertutup dengan pintu masuk berupa lubang sempit, berbeda halnya dengan Goa Romo. Kamu tidak akan kesulitan untuk memasuki Goa Romo. Mulut goa ini cukup lebar dan tinggi. Sehingga pencahayaan di dalam goa cukup terang terutama saat hari cerah.

Keindahan Goa Romo

Memiliki Dinding yang Dihiasi Akar

Di dalam Goa Romo kita akan melihat dinding-dinding goa yang dihiasi oleh akar-akar. Akar-akar ini berasal dari pepohonan yang tumbuh di atas goa. Ukurannya bervariasi dan menciptakan bentuk yang unik. Bahkan ada sekelompok akar yang besar menjulang seperti batang pohon yang tinggi menembus atap goa yang berlubang.

Terdapat Lubang Vertikal

Ada beberapa lubang di langit-langit Goa Romo. Lubang-lubang ini cukup besar sehingga membuat ruang goa menjadi terang. Kamu bisa memanfaatkan area di bawah lubang sebagai spot foto yang ciamik. Berdiri di bawah cahaya yang masuk dari lubang dengan suasana dalam goa. Latar seperti ini tentunya sangat langka dan cocok untuk mengisi halaman media sosial kamu.

Memiliki Kolam

Ada satu lagi pesona dari Goa Romo yang sangat menarik. Di bagian dalam goa ini terdapat sumber mata air yang menciptakan kolam alami. Di atas kolam ini juga terdapat lubang tempat mengalirnya air terjun saat musim hujan tiba. Meski tidak luas, kamu bisa berenang dan berendam di kolam ini. Airnya yang dingin akan membuat tubuhmu lebih segar.

Lokasi Goa Romo

Goa Romo berada di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Lebih tepatnya berlokasi di Dusun Sejajah, Desa Romo, Kec. Sanggau Ledo. Untuk menuju ke Goa Romo, kamu bisa menggunakan motor maupun mobil. Kamu perlu berkendara dari Pusat Bengkayang selama 1-1,5 jam agar sampai di wilayah Sanggau Leo.

Jika kamu sudah sampai di Markas TNI Angkatan Udara (AURI), maka di sebelah kanan kamu akan melihat simpang menuju Dusun Sejajah. Dari Simpang AURI ini kamu tinggal melakukan perjalanan sejauh 400 meter untuk bisa sampai ke Goa Romo. Jangan sungkan untuk bertanya kepada warga sekitar agar kamu lebih mudah menemukan lokasi Goa Romo.

Perlu kamu ketahui, jalan akses yang harus kamu lewati masih berupa jalan tanah.

Ketika akan berkunjung ke Goa Romo, pastikan kamu sudah membawa bekal sendiri. Karena di tempat wisata ini kamu tidak akan menemukan penjual makanan maupun minuman. Selain itu, kamu tidak akan dikenakan biaya tiket untuk memasuki goa.

Penutup

Nah, itulah mengenai Goa Romo, Kalimantan Barat. Meski tempat wisata ini gratis, kamu harus tetap menjaga kebersihan ya. Jangan mencoret-coret dinding goa serta bawa pulang sampahmu! Hal ini sangat penting agar Goa Romo tetap terawat dan dapat dinikmati keindahannya oleh anak cucu kita kelak.

Bagikan:
Previous

Mengademkan Hati dan Pikiran Dengan Menikmati Pesona Lembah Baliem

Menarik! Inilah 5 Wisata di Pulau Lembeh

Next

Leave a Comment