[rank_math_breadcrumb]

Ada Apa di Bukit Jamur, Kalimantan Barat?

| |

Bukit Jamur, Kalimantan Barat merupakan pernah salah satu tempat wisata yang ada di Kabupaten Bengkayang. Meski tidak semua pernah berkunjung, tetapi sebagian besar masyarakat Kalimantan Barat pasti kenal dengan tempat wisata yang satu ini. Seperti apa tempat wisata Bukit Jamur itu? Di bawah ini akan diuraikan pesona yang dimilikinya.

Bukit Jamur, Kalimantan Barat

Konon, area bukit ini pernah mengalami kebakaran. Banyak jamur mulai tumbuh setelah peristiwa itu terjadi. Kemudian warga sekitar menamai bukit tersebut dengan sebutan Bukit Jamur. Meski begitu, kamu tidak akan melihat jamur jika berkunjung ke sana. Karena jamur-jamur tersebut sudah tidak tumbuh lagi.

Asal usul lain penamaan Bukit Jamur yaitu dahulunya lokasi ini dijadikan sebagai tempat menjemur hasil panen padi. Penduduk setempat menyebut kata ‘jemur’ sebagai ‘jamur’. Jadi, yang dimaksud kata ‘jamur’ bukan tumbuhan melainkan menjemur. Itulah mengapa bukit ini disebut Bukit Jamur oleh warga sekitar.

Bukit Jamur juga disebut sebagai Gunung Batu oleh penduduk setempat. Barisan bukit dengan bebatuan di puncaknya sungguh sangat memukau dipandang. Bukit ini juga disebut-sebut sebagai Mahamerunya Kalimantan Barat. Karena memang pesona yang dimiliki Bukit Jamur mirip dengan Gunung Mahameru yang ada di Jawa Timur. 

Mendaki Bukit

Untuk menikmati pesona Bukit Jamur tentu saja kita harus melakukan pendakian. Percayalah, perjalanan ini tidak akan membosankan. Kamu bisa menghabiskan waktu dua hingga tiga jam agar bisa sampai ke puncak bukit. Warga setempat telah membuat jalan setapak untuk memudahkan pengunjung melakukan pendakian.

Selama perjalanan mendaki bukit, kamu akan melewati hutan yang ditumbuhi pepohonan rindang, sungai-sungai kecil, serta padang rumput ilalang yang tingginya bisa sampai dada. Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir. Jalur mendaki yang akan kamu lewati termasuk landau, hanya ada beberapa titik saja yang menanjak.

Jika kamu termasuk pecinta durian, maka datanglah saat musim durian tiba. Karena perjalanan mendaki juga melewati kebun durian milik warga setempat. Di lokasi ini terdapat pondok-pondok kayu yang biasa dipakai penduduk untuk menunggu durian jatuh saat malam hari. Kemudian durian-durian tersebut dijual kepada pengunjung yang lewat.

Mendaki Bukit jamur
image by:

Bermalam di Puncak Bukit

Rasanya tentu sangat menyenangkan apabila bisa menikmati malam di atas bukit. Maka, cobalah mendaki Bukit Jamur pada sore hari. Dengan begitu kamu akan sampai ke puncak saat malam hari. Kemudian kamu akan terpukau melihat keindahan malam yang dihiasi gemerlapan bintang. Menarik bukan?

Jika kamu datang berkelompok, bawalah alat pemutar musik dan gitar untuk meramaikan suasana. Buatlah api unggun sebagai penerang sekaligus untuk menghangatkan badan. Karena di ketinggian 500 mdpl ini tentu udaranya cukup dingin. Boleh juga menyeduh kopi untuk menemani bercengkerama dengan teman-teman kamu.

Kemudian di pagi hari, kamu bisa menikmati pemandangan alam dari puncak bukit. Kabut yang menyelimuti hamparan perbukitan merupakan pemandangan yang tak kalah menakjubkan. Ditambah lagi semburat cahaya mentari pagi yang perlahan-lahan semakin terang dari balik bukit, menambah suasana semakin memukau.

Lokasi

Tempat wisata Bukit Jamur berlokasi di Desa Belangko yang jaraknya sekitar 6 km dari Kota Bengkayang. Butuh waktu 15 menit perjalanan agar kamu bisa sampai di Desa Belangko.

Karena di sana belum ada fasilitas tempat parkir, kamu bisa menitipkan kendaraan di rumah-rumah penduduk setempat.

Penutup

Nah, itulah gambaran mengenai Bukit Jamur, Kalimantan Barat. Tempat wisata yang cocok untuk kamu yang menginginkan pengalaman berkemah di puncak bukit bersama teman. Serta berburu foto ciamik dengan latar belakang panorama perbukitan yang menawan.

Bagikan:
Previous

Pesona Wisata Pantai di Nusa Penida Bali

Keindahan Tanah Papua, Pantai Bosnik dengan Pasir Putihnya!

Next

Leave a Comment