Tempat Wisata Bersejarah, Benteng Belgica di Maluku

| |

Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah mulai dari pantai, pegunungan, danau, hingga sungai yang sangat eksotis. Namun demikian, ada juga tempat wisata peninggalan sejarah yang sangat cocok untuk kamu kunjungi, yaitu Benteng Belgica. Jika kamu berkunjung ke Maluku, maka kamu wajib mengunjungi benteng yang fenomenal ini. Benteng ini tepatnya berada di bagian barat daya Pulau Banda Naira, di Perbukitan Tabaleku. Di ketinggian 30,01 mdpl benteng ini berdiri.

Nyatanya banyak orang yang hobi berkunjung ke tempat-tempat bersejarah dan bangunan tua seperti benteng dan museum. Perlu kamu ketahui bahwa Maluku di zaman dahulu kala merupakan tempat bagi orang-orang Eropa melakukan monopoli, sehingga banyak benteng-benteng yang didirikan oleh orang Eropa di tempat ini.

Benteng Belgica, Saksi Sejarah Indonesia

Benteng ini dibangun pada abad ke-16 dan merupakan peninggalan Portugis. Selanjutnya, di tempat yang sama dibangun benteng oleh VOC pada 1611 yang diberi nama Fort Bellgica. Tujuan dibangunnya benteng ini yaitu untuk Menghadang dan menghalau perlawanan dari masyarakat Banda atas monopoli yang dilakukan oleh VOC. Gaya bangunan benteng ini yaitu persegi lima mengikuti gaya bangunan zaman Eropa. Namun apabila dilihat dari segala penjuru, maka seolah-olah hanya terlihat 4 sisi. Benteng ini terlihat memiliki 5 sisi hanya ketika dilihat dari udara.

Fakta Menarik Benteng Bersejarah Ini

Kamu perlu mengetahui beberapa fakta menarik dari benteng ini. Sebagai salah satu tempat wisata bersejarah bagi bangsa Indonesia, tentunya bangunan ini memiliki nilai yang sangat tinggi. Berikut ini merupakan beberapa fakta tentang benteng ini.

Peninggalan Gabungan Portugis dan Belanda

Seperti yang telah diketahui bahwa benteng ini merupakan peninggalan bangsa Eropa ketika menjajah Indonesia, yakni Portugis dan Belanda. Awalnya, dibangunnya benteng ini kembali bertujuan untuk melakukan perbaikan atas kekeliruan pembangunan Benteng Nassau pada masa Portugis, karena ukurannya yang terbilang rendah sehingga tidak kuat menjadi benteng pertahanan.

Kemudian dibangunlah benteng yang diberi nama Belgica, di mana benteng ini terbagi menjadi dua pada awal dibangun. Namun, pada 1660 kedua benteng tersebut disatukan dan disebut sebagai Belgica II.

Tempat Wisata Bersejarah, Benteng Belgica
image by video.com

The Indonesian Pentagon

Bangunan ini menyerupai bangunan Pentagon di Amerika Serikat karena memiliki 5 sisi jika dilihat dari udara. Saat 1667, seorang Admiral Belanda, Cornelis Speelmar, datang ke Pulau Neira untuk membuat rancangan bangunan Belgica II dengan bantuan seorang arsitek dari Belanda bernama Adrian de Leeuw. Perubahan pembangunan pada benteng ini membentuk struktur yang menyerupai pentagon milik Amerika Serikat. Terdapat lima menara pada benteng yang masih bertahan hingga saat ini.

Terdapat Terowongan Penghubung Dua Benteng

Jika kamu berkunjung ke tempat ini, maka kamu akan melihat dua buah lubang yang ada di tengah benteng. Pada awalnya, di zaman penjajahan, lubang tersebut merupakan terowongan yang digunakan untuk jalan keluar dan masuk dua benteng. Bentuk terowongan ini seperti sumur yang panjangnya sekitar 8 meter. Terowongan ini sebenarnya menghubungkan antara Benteng Nassau di bawah dan Belgica II di atas. Namun, saat ini akses terowongan tersebut sudah terputus.

Memiliki Banyak Spot Foto

Kamu bisa mengambil foto sepuasnya di bangunan ini. Jadi, selain bisa belajar tentang sejarah masa lalu, kamu bisa mendapatkan jepretan foto yang instagramable. Benteng ini juga merupakan bangunan tertinggi, sehingga dapat melihat keindahan lautan secara langsung.

Kamu bisa masuk untuk menikmati bangunan bersejarah ini dengan gratis. Namun harus tetap menjaga kebersihan dan mengikuti tata tertib yang ada. Jangan lupa untuk mampir ke Benteng Belgica jika berkunjung ke Maluku!

Bagikan:
Previous

Pesona Tersembunyi Danau Singkarak, Sumatera Barat

Menikmati Warna-Warni Pantai Tiga Warna, Malang

Next

Leave a Comment