[rank_math_breadcrumb]

Tempat Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi Ketika Berkunjung ke Pulau Wakatobi

| |

Seperti yang sudah banyak orang tahu, pulau Wakatobi terkenal dengan keindahan alam yang mereka miliki khususnya alam bawah lautnya dan suatu daerah yang terdiri dari gugusan pulau yang memiliki kecantikan tak tertandingi. Sebagian besar pengunjung-pengunjung pulau cantik yang satu ini sebelumnya tidak bisa melupakan keindahan alam bawah laut yang dimilikinya.

Bahkan, daerah ini dikenal dengan slogan “Surga Nyata Bawah Laut Di Pusat Segitiga Karang Dunia”. Slogan ini dibuat untuk dijadikan magnet bagi para penyelam yang berasa dari seluruh dunia.

Pulau yang bernama Wakatobi ini sendiri berlokasikan di kabupaten Wakatobi, provinsi Sulawesi Tenggara. Ibu kota kabupaten ini adalah di Wangi-Wangi.

Selain itu, pulau ini juga dipercaya sebagai salah satu bukti bahwa negara kita yaitu Indonesia memang dianugerahi kekayaan yang melimpah dan patut untuk dibanggakan.

Berbagai tempat wisata yang ada di pulau Wakatobi

Hanya dengan menghitung luas Taman Nasional Wakatobi saja membuat tempat ini dikenal sebagai kawasan yang berada di segitiga karang dunia dengan luas keseluruhan 1.39 juta hektar. Maka dari itu, sampai sekarang daerah ini masih menjadi destinasi wisata favorit bagi sebagian besar orang.

Apa saja tempat wisata yang ada di pulau yang terkenal dengan keindahan alamnya ini? Berikut jawaban lengkapnya:

  1. Goa Kontamale

Tempat wisata ini merupakan pilihan yang paling tepat bagi para wisatawan yang suka dengan gua. Goa Kontamale merupakan suatu wisata alam berupa gua yang di dalamnya juga terdapat aliran air tanah. Tempat wisata yang satu ini juga memiliki nama lain, yaitu Goa Telaga. Nama ini muncul karena air yang berada di bibir gua terlihat seperti sebuah telaga.

Ada sebuah mitos tentang tempat ini yang mengatakan bahwa jika ada seseorang yang mandi disini akan dengan mudah mendapatkan jodoh, sehingga banyak para wisatawan yang merasa penasaran dan akhirnya mengunjungi destinasi wisata yang satu ini.

Lokasi wisata ini terletak di Jl. Poros Wandoka Lingk Teekosapi, Pongo, kec. Wangi-Wangi, kab. Wakatobi, Sulawesi Tenggara dengan tiket yang tersedia secara gratis.

  • Pulau Tomia

Di pulau Tomia, wisatawan dapat menikmati indahnya panorama alam daratan. Pulau ini dipercaya menjadi salah satu pulau terindah yang ada di daerahnya. Untuk mengunjungi destinasi wisata yang satu ini, kamu juga tidak membutuhkan biaya sedikit pun untuk membeli tiket masuknya, karena kamu bisa masuk secara gratis.

Pulau Tomia menawarkan berbagai macam panorama dari Puncak Kahyangan sehingga bisa kamu jadikan spot untuk menikmati pemandangan sunset.

  • Puncak Kahyangan

Hanya dengan mendengar nama puncak saja, kamu pasti bisa langsung membayangkan betapa indahnya pemandangan disini. Begitu pun juga dengan Puncak Kahyangan ini, kamu bisa menikmati pemandangan alam yang sangat indah disini. Bahkan, sampai sekarang tempat wisata yang satu ini masih menjadi destinasi wisata terpopuler yang ada di daerahnya.

Selain pemandangan alam, kamu juga bisa menikmati pemandangan indah lainnya yang berasal dari langit berbintang yang akan muncul di malam hari.

  • Danau Sombano

Kamu pecinta pemandangan danau? Maka destinasi wisata yang bernama Danau Sombano ini merupakan tempat berlibur yang paling cocok untuk dirimu. Pada destinasi wisata yang satu ini terbentuk sebuah danau yang muncul karena adanya area Hutan Mangrove Pulau Kaledupa.

Air yang ada di danau ini terbilang sangat jernih dan bersih. Udaranya pun sangat segar sehingga mampu membuat pikiranmu tenang sejenak.

Tips berwisata ke pulau Wakatobi

Terdapat beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk berwisata atau berlibur ke tempat ini, yaitu:

  • Pilih penginapan yang terletak di dekat lokasi wisata yang akan kamu kunjungi dan memiliki harga yang cocok dengan kantongmu.
  • Jangan lupa membawa perlengkapan liburan yang lengkap.
  • Pastikan dana yang kamu bawa liburan cukup untuk pulang dan pergi.
  • Yang paling terpenting, kamu juga memiliki tugas yang penting untuk selalu menjaga keindahan alam di destinasi wisata yang satu ini seperti contohnya tidak membuang sampah sembarangan apalagi ke dalam laut.

Nah bagaimana? Hanya dengan membacanya disini saja kamu pasti sudah bisa membayangkan betapa menyenangkannya untuk berlibur ke sini. Maka dari itu, tunggu apa lagi? Segera ajak teman atau keluargamu untuk berlibur kemari.

Bagikan:
Previous

3 Taman Yang Menarik di Kebun Raya Bogor

Wisata Sejarah Benteng Somba Opu, Sulawesi Selatan

Next

Leave a Comment