Keindahan Pulau Bunaken yang Cocok untuk Dijadikan Destinasi Wisata Favorit

| |

Pulau Bunaken pertama kali ditemukan pada tahun 1975 dan sampai sekarang daerah ini masih menjadi tempat wisata andalan di kota Manado. Untuk menjangkau destinasi wisata yang satu ini, kamu tidak membutuhkan tenaga dan waktu yang banyak, bagi kamu yang berkunjung ke tempat ini dengan menggunakan pesawat, kamu bisa berjalan kaki ke pulau yang bernama Bunaken ini, karena lokasinya tidak jauh dari bandara.

Bahkan, saat ini juga sudah banyak agen wisata yang menawarkan perjalanan dengan mereka. Hal ini cocok untuk kamu yang malas ribet meskipun untuk liburan. Kamu bisa memilih sendiri kriteria agen perjalanan untuk sampai atau berlibur ke pulau yang bernama Bunaken.

Untuk kamu yang memilih berlibur dengan menggunakan agen wisata, kamu bisa menerima beres semuanya dan tidak perlu repot-repot, pasalnya semua fasilitas liburan sudah tersedia dari mulai penginapan, makan, bahkan lokasi dan kegiatan wisatanya.

Pulau ini terletak di kabupaten Minahasa, kotamadya Manado. Namun, kamu tidak akan sulit menemukan lokasi wisata yang satu ini.

Sama saja dengan pulau Wakatobi, pulau yang satu ini juga terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya. Para wisatawan selalu menjadikan keindahan alam bawah laut yang dimiliki daerah ini untuk melampiaskan keresahan atau kegundahan pikiran dan perasaannya.

Spot wisata menarik yang terdapat di pulau Bunaken

Karena pulau yang satu ini juga termasuk dalam daftar 5 pulau utama yang juga merupakan taman nasional, jadi pulau ini juga dikenal dengan nama Taman Nasional Bunaken. Disini, kamu bisa menemukan beberapa spot menarik yang bisa kamu jadikan destinasi liburan menyenangkan. Simak dengan baik daftarnya di bawah ini:

  1. Reruntuhan kapal di Manado

Di daerah Bunaken terdapat sebuah spot wisata menarik yang berupa reruntuhan kapal. Lokasinya terdapat di kedalaman 23m di bawah permukaan laut dengan ukuran luas yang sebesar 60m.

Sejarah dari reruntuhan kapal ini adalah dari kapal Jerman yang tenggelam sekitar tahun 40-an di pantai Molas. Para wisatawan yang memilih destinasi liburan yang satu ini dapat menyelam ke permukaan laut dan menyusuri reruntuhan kapal mulai dari ruang kemudinya sampai pegangan kargonya. Pegangan kargo yang terdapat pada reruntuhan kapal ini sudah ditumbuhi beberapa karang, sehingga membuatnya unik.

Keindahan Pulau Bunaken
  • Mandolin

Tempat menyelam yang satu ini memiliki keistimewaan yang tidak bisa kamu temukan di destinasi wisata menyelam lainnya, yaitu memiliki dinding karang yang tinggi dan puncak karang terbentuk secara alami.

Saat kamu mengunjungi tempat menyelam yang bernama Mandolin ini, kamu tidak hanya bisa menikmati pemandangan keindahan karangnya, tapi juga bisa menemukan pemandangan gua-gua dasar laut yang memiliki bentuk menarik dan unik.

  • Puncak Barakuda

Berbeda dengan spot menarik sebelum-sebelumnya, Puncak Barakuda terletak di lokasi yang paling jauh, yaitu berada di bagian barat laut Taman Nasional Bunaken.

Hanya dengan membaca namanya saja, pasti kamu sudah tahu apa yang menjadi andalan destinasi wisata yang satu ini. Di Puncak Barakuda kamu bisa menemukan gerombolan ikan berjenis barakuda yang berukuran besar.

Namun, bagi pecinta ikan jenis lainnya kamu tidak perlu khawatir, karena disini kamu juga bisa menemui jenis-jenis ikan laut lainnya.

Waktu berkunjung yang paling disarankan

Ya, memang kamu bisa mengunjungi tempat ini kapan pun, tapi terdapat waktu yang disarankan untuk mengunjungi destinasi wisata yang satu ini, yaitu sekitar bulan Mei sampai bulan Agustus.

Kenapa begitu?

Karena pada bulan-bulan yang disarankan ini, kondisi perairan yang terdapat di Taman Nasional Bunaken berada di tingkat kejernihan yang tertinggi sehingga jarak pandangnya akan semakin jelas dan bagus. Selain itu keunggulan lainnya dari mengunjungi tempat ini di bulan-bulan tersebut adalah suhunya terbilang hangat sehingga lebih baik buat kamu menyelam.

Menarik bukan untuk berlibur ke sini? Tidak mengherankan jika pulau yang satu ini masih menjadi salah satu daftar destinasi wisata di Indonesia yang paling banyak dikunjungi para wisatawan.

Bagikan:
Previous

Wisata Sejarah di Candi Muara Takus, Riau

Wisata Lokal Karimunjawa, Jepara Rasa Maldives

Next

Leave a Comment