[rank_math_breadcrumb]

Wisata Paket Lengkap di Taman Nasional Meru Betiri, Jember Banyuwangi

| |

Taman Nasional Meru Betiri, Jember Banyuwangi ini memiliki asal nama dari Meru yang merupakan gunung Meru dan Betiri yang juga merupakan sebuah gunung. Taman nasional ini merupakan taman nasional yang sangat luas dan luasnya mencapai 58 ribu hektar, dan merupakan salah satu Taman Nasional terbaik di pulau Jawa. Di dalamnya terdapat banyak sekali hal yang bisa kamu temui saat berkunjung ke sana.

Keunikan Taman Nasional Meru Betiri, Jember Banyuwangi

Ada 5 vegetasi di dalam Taman Nasional ini, di antaranya adalah hutan pantai, hutan mangrove, hutan rawa, hutan rheophyte, dan hutan hujan dataran rendah. Fasilitas yang sangat lengkap yang dilindungi oleh sebuah Taman Nasional. saking lengkapnya, Taman Nasional ini diberi slogan berupa ‘Home of Biodiversity’ yang artinya adalah Rumah dari Keanekaragaman Hayati.

Kamu akan menyaksikan wisata alam yang sesungguhnya karena wisata ini masih sangat menjaga keaslian habitat satwa-satwanya, dan itu berarti mereka tidak dikandang. Satwa-satwa apa saja yang ada di sana?

Ada banyak sekali satwa-satwa di sana, dari yang biasa sampai yang hampir punah seperti harimau loreng Jawa. Ya, habitat harimau loreng jawa sudah sangat terancam dan bahkan saking terancamnya, Taman Nasional Meru Betiri ini menjadi rumah terakhir mereka. Hewan-hewan lainnya pun ada di antaranya, banteng, monyet ekor panjang, penyu lekang, harimau jawa, ajag, macan tutul, bajing terbang ekor merah, dan burung merak.

Ada lebih dari 29 jenis mamalia dan 180 jenis burung yang hidup di Taman Nasional ini. Selain fauna, ada juga flora yang dilindungi dan hidup di sana, seperti Balanhopora fungosa yang hanya bisa ditemukan di sekitar teluk hijau dan Bandealit. Di samping Balanhopora fungosa, ada 293 jenis flora lain yang juga hidup di sana seperti bunga raflesia, waru, bakau, bungur, pulai, bendo, api-api, nyamplung, rengas, dan tanaman-tanaman untuk obat-obatan.

Selain flora dan fauna, kamu juga bisa mengunjungi pantai yang berada di sekitar sana. Ada Teluk Hijau, Pantai Rajagwesi, Pantai Sukamade dan Pantai Bandealit yang bisa memanjakan anda setelah berkeliling berjumpa flora dan fauna. Kamu bisa bermain air dan juga menambah pengetahuanmu di pantai-pantai itu. Seperti jika mengunjungi pantai Rajagwesi kamu bisa belajar dari para nelayan sekitar yang menjaring ikan dengan cara tradisional. Di pantai Sukamade juga bisa kamu temukan pemandangan penyu petelur yang naik ke pantai untuk bertelur. Selain itu juga banyak binatang dan tumbuhan lain yang bisa kamu temui di sekitar pantai.

Kamu yang berencana berpetualang bebas bisa menyusuri dengan melakukan jungle tracking ataupun hiking dengan melewati jalur Bandealit – Teluk Meru – Teluk Permisan – Sukamade yang bisa kamu tempuh dalam waktu 2-3 hari.

Taman Nasional Meru Betiri

Lokasi dan Informasi Registrasi

Taman Nasional ini berada di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Jember dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Jika kamu ingin mengunjungi Taman Nasional Meru Betiri, kamu harus membuat Surat Izin Masuk Kawasan atau biasa disebut Simaksi. Jika ingin membuatnya, kamu bisa memprosesnya secara online agar bisa langsung mengunjungi tanpa ada hambatan lagi.

Harga tiket masuknya cukup murah yaitu hanya sebesar Rp. 5.000 untuk hari Senin-Jumat dan Rp. 7.500 untuk hari Sabtu dan Minggu. Murah meriah dan edukatif sekali jika ingin berkunjung ke sini. Menarik sekali bukan? Kamu bisa mengunjungi Taman Nasional Meru Betiri, Jember Banyuwangi kapan saja karena buka 24 jam, lho!

Bagikan:
Previous

Pesona Taman Nasional Lorentz yang Membuatmu Ingin Mengunjunginya

Keindahan Tersembunyi dari Pulau Osi

Next

Leave a Comment