BUKIT WAIRINDING DI SAVANA SUMBA YANG MEMPESONA

| |

Nusa Tenggara Timur (NTT) memang terkenal dengan pesona gradasi lautnya ternyata juga memiliki hamparan Savana yang tak kalah indah, hal itulah menjadikan Bukit Wairinding sebagai salah satu tempat wisata Pulau Sumba yang menarik untuk dikunjungi. Sumba merupakan destinasi wisata yang tak kalah populer dengan Labuan Bajo. Hal ini dibuktikan dengan data Google, dimana Sumba termasuk ke dalam tiga daerah tujuan wisata paling populer dan dikatakan mengalami perkembangan yang lumayan pesat.

Tempat wisata satu ini memang sangat cocok dan terbilang sudah cukup populer khususnya di kalangan kaum muda sebagai salah satu objek foto yang memang sedang tren pada masa sekarang. Apalagi bagi kamu yang suka traveling dan instagramable di tempat-tempat seperti pegunungan sejuk dan indah, bukit ini bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Tak hanya itu disini kamu juga bisa melakukan beberapa hal menarik yang memungkinkan pengalaman pertama kamu menjadi sulit dilupakan.

Menariknya Bukit Wairinding

Jika mengunjungi tempat wisata satu ini, kamu akan melihat pemandangan yang tak biasa. Karena bukit ini memiliki pesona yang mampu menghipnotis para pengunjungnya dengan pemandangan layaknya lukisan seperti langit berwarna biru cerah berpadu dengan hamparan rumput hijau kecoklatan. Di tambah udara sejuk dan suasana yang mendukung untuk bersantai di sebuah bukit pegunungan indahnya alam ciptaan Tuhan. Menariknya kamu bisa sambil melihat anak-anak Timur di daerah Sumba yang sedang bermain atau bahkan beternak hewan seperti domba dan kuda layaknya berasa seperti di Eropa.

Aktivitas menarik lain yang bisa kamu lakukan atau nikmati, antara lain:

1.      Berfoto Menggunakan Kain Tenun

Ketika kamu mengunjungi bukit ini jangan lewatkan hal menarik yang satu ini. Yaitu kamu bisa berfoto sambil mengenakan kain tenun khas Timur dengan berlatarkan foto pemandangan yang sangat eksotis dari bukit tersebut.

2.      Menikmati Sunrise dan Sunset

Kedua momen ini akan sayang banget kamu lewatkan, karena keindahannya yang sangat menakjubkan dari matahari terbit (sunrise) dan matahari tenggelam (sunset) akan terlihat jelas dari atas bukit ini. Sinar matahari perpaduan ketiga warna dari kuning, Oren, dan sedikit kemerahan yang tenggelam di hamparan padang rumput yang terlihat megah. Makanya akan sangat pas jika kamu datang pada saat pagi hari atau sore hari.

3.      Berkuda di Bukit

Hal menarik lainnya yang bisa dilakukan di bukit ini yaitu kamu bisa menyewa kuda milik warga disana. Kamu bisa berkuda untuk naik turun bukit atau hanya untuk sekedar berfoto. Biaya untuk sewa kuda nya di tarif dengan harga Rp 50 ribu. 

Lokasi Wisata dan Harga Tiket

Bagi kamu akan mengunjungi tempat ini, lokasi dari bukit terletak di Desa Pambota Jara, Kecamatan Pandawai Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Bukit ini terletak di ketinggian 100 – 200 meter di atas permukaan laut. Waktu tempuh yang biasa dijalani untuk menuju langsung ke bukit ini yaitu kurang lebih selama 30 menit dari pusat Kota Waingapu, sedangkan dapat menempuh waktu 3 – 4 jam dari pusat Sumba Timur.

Sebenarnya Bukit Wairinding tidak dimiliki oleh perorangan atau desa, namun setelah banyak pengunjung yang datang kesana karena keindahan alamnya yang mempesona. Bukit ini jadi dikenakan biaya retribusi oleh warga disana akhirnya mereka menarik biaya masuk sebesar Rp 5000 per orang. Dan untuk penggunaan toilet karena masih terbatas, ditarik biaya juga sebesar Rp 5000 per sekali pakai.

Bagikan:
Previous

Pulau Meko, Surga Tersembunyi dari Timur

Menengok Jernihnya Air Danau Uter, Kabupaten Maybrat

Next

Leave a Comment