[rank_math_breadcrumb]

Pesona Wisata Pantai di Nusa Penida Bali

| |

Nusa Penida merupakan salah satu wisata pantai di Bali dimana terdapat pemandangan alam terbilang jarang yang memiliki. Objek wisata ini sudah menjadi primadona khususnya para turis jika datang ke Bali. Karena tempat wisata ini merupakan tempat wisata yang dikatakan tak tertandingi terkait keindahan alamnya. Objek wisata satu ini sebenarnya adalah pulau kecil dimana terdapat pulau kecil lainnya disana yaitu Pulau Nusa Lembongan dan Pulau Nusa Ceningan.

Penida merupakan pulau terbesar dan masyarakat lokal sering sebut dengan nama Nusa Gede yang artinya besar. Nusa Ceningan yaitu pulau terkecil dari ketiga pulau itu, sedangkan Nusa Lembongan merupakan pulau yang paling terkenal khususnya bagi turis wisatawan Australia. Penida sendiri berasal dari kata Ped yang berarti kematian dan Ida berarti kekuasaan yang jika digabungkan berarti memiliki arti pulau yang memiliki kekuasaan besar dan mematikan.

Daya Tarik Nusa Penida

Keunikan alam dari pulau ini mampu menawarkan pemandangan alam yang sangat unik diantaranya:

1.      Pantai Pasir Putih

Tempat wisata yang menjadikan pulau ini terkenal adalah pantai pasir putih yang eksotis dan unik seperti Pantai Atuh dan Broken Beach. Karena akses jalan yang belum memadai kawasan pantai pasir putih ini jarang sekali dikunjungi wisatawan. Namun seiring dengan infrastruktur jalan yang mulai berkembang pesat, akhirnya para wisatawan mulai tertarik dengan mengunjungi kawasan pasir putih di Penida ini.

2.      Pemandangan Indah dari Atas Tebing

Keindahan laut dari atas tebing akan terlihat sangat indah terutama pada sore hari. Pemandangan tebing di bagian Selatan Pulau Penida menghadap Samudra Hindia, ini dikarenakan sebagian besar Pulau Penida berada di atas tebing.

3.      Pemandangan Indah Bawah Laut

Salah satu destinasi yang menjadi daya tarik dari Nusa Gede adalah Bali Watersport. Salah satu aktivitas yang dapat kamu nikmati adalah snorkeling serta menyelam (scuba diving). Pulau Nusa Gede ini dikelilingi oleh lautan lepas, sehingga itulah mengapa pulau ini memiliki area wisata menyelam yang sangat luas. Selain itu alam laut seperti terumbu karang dan ikan Mola-mola yang masih cukup terjaga.

Broken Beach nusa penida
Broken Beach nusa penida (pict by @discoverthisearth )

Lokasi Wisata dan Harga Tiket

Pada umumnya pulau ini berada di sebelah tenggara pulau Bali, dan terpisah oleh selat Badung. Dimana disana juga terdapat dua pulau lain yaitu Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Karena pulau ini terbilang luas, maka berikut ini adalah beberapa pantai yang ada di Pulau Nusa Penida beserta harga tiket masuknya:

1.      Pantai Kelingking

Kelingking Beach atau disebut juga dengan Secret Point merupakan objek wisata pantai dengan pemandangan laut biru dengan tebing kapur. Harga tiket untuk masuk ke kawasan pantai Kelingking ini berkisar Rp 10 ribu untuk domestik dan Rp 25 ribu untuk wisatawan asing.

2.      Broken Beach dan Angel Billabong

Broken Beach merupakan tebing kering yang memiliki lubang dimana dalam lubang tersebut terdapat pantai. Lubang itu menyerupai jembatan yang mempersatukan dua tempat, dan berhadapan langsung dengan Samudra Hindia sehingga tak heran jika air di pantai ini memiliki warna biru jernih.

Jarak antara Broken Beach dan Angel Billabong ini sangat dekat, sehingga wisatawan hanya perlu berjalan kaki. Angel Billabong ini digunakan untuk berenang, dan untuk tiket masuk ke dua kawasan tersebut berkisar Rp 10 ribu untuk domestik dan Rp 25 ribu untuk wisatawan asing.

Tak hanya pantai di Pulau Penida juga terdapat objek wisata East Tour, dimana semua harga tiket masuk dipatok dengan harga Rp 10 ribu untuk domestik dan Rp 25 ribu untuk wisatawan asing.

Bagikan:
Previous

Wisata Ala Luar Negeri di Brown Canyon, Semarang

Ada Apa di Bukit Jamur, Kalimantan Barat?

Next

Leave a Comment