[rank_math_breadcrumb]

Wisata Ala Luar Negeri di Brown Canyon, Semarang

| |

Tunggu Tunggu! Ini benar Brown Canyon, Semarang ya, bukan Grand Canyon, Amerika. Brown Canyon ini terletak di Indonesia, lho! tepatnya di Semarang, Jawa Tengah. Bagi kamu yang belum ‘kelakon’ untuk berkunjung dan berwisata ke Grand Canyon, Amerika bisa sekali berkunjung dan mencicipi Grand Canyon dengan kearifan lokalnya di Semarang.

Semarang memang banyak menyuguhkan wisata alamnya yang sangat indah yang sudah banyak berinovasi dan dipadukan dengan selera anak muda zaman sekarang. Banyak wisata yang bisa dinikmati tanpa kamu harus jauh-jauh berkunjung ke wilayah lain yang jauh. Contohnya Brown Canyon ini yang diklaim mirip dengan wisata alam dari Amerika, Grand Canyon.

Asal Muasal Brown Canyon
Pict by @noor3va

Asal Muasal Brown Canyon, Semarang

Brown canyon ini merupakan perbukitan berisi tebing-tebing hasil pertambangan yang juga masih aktif dibuka sampai sekarang. Ya, sebenarnya tempat ini bukanlah tempat yang ditujukan sebagai lokasi wisata. Namun nyatanya, hasil pertambangan ini terlalu cantik dan tidak bisa diabaikan kecantikannya.

Tangan-tangan orang yang tak bertanggung jawab mengeruk material dan menghasilkan sisa perbukitan padas yang mirip dengan Grand Canyon di Amerika.  Bukit-bukit yang dikikis di sana menyisakan pepohonan di atasnya, yang mengurangi perspektif gersang, dan menambah keunikan untuk disaksikan.

Fasilitas yang disuguhkan

Brown Canyon ini menyuguhkan pemandangan perbukitan ala Amerika dengan kearifan lokalnya. Kamu yang berniat berkunjung pun bisa menjumpai matahari terbit maupun terbenam. Sesuai dengan waktu pilihan yang bisa kamu kunjungi karena tidak disarankan berkunjung di jam kerja.

Karena Brown Canyon ini merupakan tempat pertambangan material yang masih aktif, jadi setiap harinya ada pekerjaan dengan para pekerja yang berlalu lalang. Jadi, disarankan agar kamu berkunjung di waktu sore hari atau pun pagi hari dengan mengendarai sepeda untuk menyusuri perbukitan itu.

Pemandangannya yang eksotis pun sangat mampu memanjakanmu yang hobi fotografi untuk mengambil jepretan-jepretan keindahan perbukitan ini. Lokasinya yang jauh dari keramaian kota pun akan menambah hikmat betapa kamu akan terpana akan suguhan alam yang sangat indah dan patut disyukuri. Namun kamu harus berhati-hati karena akses jalan pertambangan yang rusak.

Jika kamu berniat berkunjung dengan lokasi yang tidak terlalu jauh, akan lebih baik untuk menaiki sepeda bersama rombongan di hari minggu pagi. Ataupun jika ingin lebih cepat bisa menggunakan sepeda motor, namun tidak disarankan untuk membawa mobil karena bisa jalannya tidak mendukung. Jangan lupakan debu dan terik matahari di sana, pastikan gunakan topi dan masker agar tidak terganggu.

Bagikan:
Previous

Wisata Alam Nan Sejuk di Tebing Keraton, Bandung

Pesona Wisata Pantai di Nusa Penida Bali

Next

Leave a Comment