[rank_math_breadcrumb]

Wisata Alam Nan Sejuk di Tebing Keraton, Bandung

| |

Kamu warga Bandung yang butuh rekreasi alam? Wajib bagimu untuk mengunjungi Tebing Keraton, Bandung yang menyuguhkan pemandangan tebing indah dengan hutan-hutan yang masih alami.

Manusia memang tidak bisa dipaksa untuk selalu berkutik dengan kehidupan sosialnya. Bekerja, menggunakan otaknya setiap waktu. Ada saatnya otak membutuhkan istirahat. Apalagi ada tipikal orang yang suka menyegarkan otak dengan mengunjungi tempat-tempat dengan pemandangan alam yang hijau.

Jika kamu tipikal orang seperti ini, cocok sekali menjadikan Tebing keraton sebagai wish list tempat wisatamu.

Lokasi Tebing Keraton, Bandung

Lokasi wisata ini ada di Kawasan taman hutan raya Ir. H. Djuanda. Tepatnya berada di kampung Ciharegem Puncak, desa Ciburial, Bandung, Provinsi Jawa Barat. Menyuguhkan pemandangan hutan yang masih sangat asri. Bisa dibayangkan pemukiman penduduknya sedamai apa karena berdampingan dengan alam yang masih sangat asri.

Lokasi wisata ini sudah amat terkenal untuk menjadi destinasi wisata tujuan di Bandung. Banyaknya pepohonan di hutan sana akan sangat indah apabila cahaya matahari mulai masuk di pagi hari. Cahaya pagi yang menenangkan disandingkan dengan pepohonan yang menyejukkan. Anda akan terbayang nuansa di film-film yang berlatarkan kesejukan hutan.

Tebing Keraton ini nyatanya sekarang sudah sangat terkenal sampai pada masyarakat luar wilayah Bandung. Bukan bertujukan puncak lagi yang menjadi tujuan utama masyarakat untuk mendapat ketenangan alam, banyak dari mereka yang sudah dengan sengaja menuju ke Tebing Keraton ini untuk berekreasi.

Ada banyak perbukitan yang bisa kamu saksikan dari satu tempat. Hawanya yang dingin mewajibkan kamu untuk membawa jaket karena kabut tidak akan sulit ditemukan di tempat ini. Menjadikan spot foto yang kece dan instagramable dan bisa dinikmati semua kalangan. Namun, tidak disarankan untuk anak kecil karena perjalanannya yang jauh dan berada di tengah hutan. Jadi, kebanyakan hanya pengunjung dari kalangan orang dewasa yang diperbolehkan datang.

Tebing yang awalnya tidak dikenal ini mulai viral di media sosial dan mulai dikunjungi banyak orang untuk menikmati kecantikan pemandangannya. Seperti yang kamu tahu, banyak orang yang mengunjungi suatu tempat untuk bisa mengupdate fotonya di sosial media. Namun, kamu tentunya bisa mendapatkan keuntungan lain juga dengan merasakan suasananya.

Berkunjung ke Tebing Keraton

Kamu perlu menyiapkan uang sebesar Rp. 11.000 untuk dapat memasuki objek wisata ini. Selain itu, sediakan juga uang parkir untuk kendaraan yang kamu bawa. Jika kamu berkunjung dengan mobil karena berasal dari luar wilayah, kamu harus membayar parkir sebesar Rp. 10.000, sedangkan sepeda motor sebesar Rp. 2.000 yang sudah termasuk dalam biaya asuransi sebesar Rp. 1.000.

Untuk mengunjunginya, lokasi wisata Tebing keraton ini mulai dibuka pukul 05.00 sampai 16.00 WIB. Kamu tidak akan diijinkan mengunjungi wisata ini pada malam hari, karena lokasinya yang berupa hutan akan sangat berbahaya. Di waktu itu, kamu bisa datang pagi dan menikmati pemandangan sun rise atau matahari terbit dengan latar belakang pepohonan dan perbukitan yang indah.

Tebing Keraton
Pict by @rifky_nyol

Kamu juga tidak diperbolehkan untuk menuruni tebing. Karena tujuan dari wisata ini hanya ditujukan untuk dinikmati keindahannya saja, tidak untuk lokasi pendakian. Lokasi ini juga dijaga ketat, tidak dipebolehkan untuk orang-orang yang mencurigakan. Tidak diperbolehkan untuk membawa minuman keras, senjata tajam, apalagi narkoba.

Lalu, kamu juga sebaiknya mengunjungi di musim panas karena akan lebih aman. Di musim hujan akan banyak resiko, mulai dari longsor dan tanah yang becek. Jadi, berniat untuk mengunjungi Tebing Keraton, Bandung kapan?

Bagikan:
Previous

Gunung Api Mahangetang, Destinasi Wisata yang Patut Dikunjungi

Wisata Ala Luar Negeri di Brown Canyon, Semarang

Next

Leave a Comment